Siap Gantikan Guru Pensiun, 13.206 Mahasiswa Lulus PPG Prajabatan Gelombang 1

Pendidikan557 views

Inionline.id – Sebanyak 13.206 mahasiswa lulus uji kompetensi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Selanjutnya, mereka akan diproyeksikan mengisi guru-guru yang pensiun.

“Selamat kepada semua lulusan PPG Prajabatan. Saya sangat senang menyambut lahirnya guru-guru yang akan membawa perubahan pada pendidikan di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, dalam keterangan tertulis, Jumat, 15 September 2023.

Nunuk mengatakan setelah pengumuman hasil kelulusan ini, lulusan PPG Prajabatan akan diproyeksikan mengisi kekosongan serta menggantikan guru-guru pensiun pada satuan pendidikan di berbagai daerah. Ini sejalan dengan visi program PPG Prajabatan yang bertujuan menciptakan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas.

“Sehingga layanan pendidikan dapat berjalan dengan baik demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila,” tutur dia.

Dia menyebut lulusan dapat mempersiapkan diri mengikuti rekrutmen guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Tahun 2023 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Kami akan senantiasa berkomitmen dan berjuang dalam mengawal agar lulusan PPG Prajabatan menjadi generasi baru guru Indonesia yang berkualitas dalam mendidik anak-anak Indonesia,” ujar Nunuk.

Nunuk menyampaikan apresiasi atas perjuangan dan semangat guru yang berhasil lulus menjadi guru profesional. Dia juga memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional, Koordinator Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pelaksana program PPG, dosen, guru pamong serta seluruh pihak yang telah mengawal dan bekerja keras membantu proses penyelenggaraan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022/2023.

“Tentunya dalam mengawal proses ini sampai selesai, kita melibatkan banyak pihak yang tiada henti bekerja untuk memastikan calon-calon guru yang berkualitas. Untuk itu saya ucapkan terima kasih tak terhingga, kepada semua pihak yang mendukung dan mengambil peran,” kata Nunuk.

Peserta seleksi dapat mengakses pengumuman kelulusan PPG Prajabatan melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia.