Sebanyak 4 Siswa SMAN 8 Jakarta Raih Medali di OSN 2023

Pendidikan857 views

Inionline.id – Empat siswa SMA Negeri 8 Jakarta meraih medali pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. Keempat gelar tersebut terdiri atas satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu.

SMAN 8 Jakarta mengirimkan enam siswa untuk mengikuti OSN 2023. Medali emas diraih Keisha Rochelline Simorangkir (Bidang Biologi); medali perak diraih Afrand Mirza Herwinsyah (Bidang Biologi); sedangkan medali perunggu diraih Kireina Azizah Rizky (Bidang Biologi) dan Brian Jonah Simorangkir (Bidang Geografi).

“Keisha dan Brian adalah kakak adik. Keduanya berprestasi di bidangnya masing-masing,” kata Kepala SMAN 8 Jakarta, Mukhlis, Minggu, 3 September 2023.

OSN 2023 Diikuti 1.475 Siswa. Terdiri atas 230 peserta jenjang SD/MI, 345 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta jenjang SMA/MA. Peserta berasal dari 38 provinsi.

OSN juga diikuti oleh 15 siswa dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Belanda, dan Saudi Arabia.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi mengatakan OSN adalah katalis untuk memindai talenta terbaik bibit unggul di bidang sains.

“OSN ingin menumbuhkan semangat merdeka belajar, merdeka prestasi, semangat saling menghargai prestasi, dan persahabatan para generasi bangsa,” kata Asep.

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tata Muttaqin, mengapresiasi perjalanan para peserta dalam mengikuti OSN 2023. Para peserta sudah melalui seleksi dari daerah masing-masing.  Para peserta juga sudah mengikuti seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi.

“Pelaksanaan OSN yang sistematis dan berjenjang. Ini menjadi pengalaman yang luar biasa dan bagian dari portofolio untuk pembelajaran anak-anak di masa depan,” kata Tatang.