Presiden Jokowi Pastikan Sertifikat Izin Operasi Kereta Cepat Terbit Sepekan

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sertifikat izin operasi kereta cepat Jakarta – Bandung terbit dalam sepekan.

“Tadi sudah dijawab untuk (terbit) 1 minggu,” ujar Jokowi usai menjajal kereta cepat Jakarta – Bandung di Stasiun Padalarang, Rabu (13/9).

Jokowi mengungkapkan moda transportasi baru itu rencananya diresmikan pada awal Oktober.

Pada tahap awal, tarif kereta cepat gratis. Setelah itu, tarif akan ditentukan oleh manajemen dan tidak akan mendapatkan subsidi negara.

“Nanti yang menentukan (tarif) juga manajemen kereta cepat berdasarkan juga, tentu saja, dikonsultasi dengan Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Ia berharap kehadiran kereta cepat akan membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi sehingga kemacetan di jalan dan polusi bisa berkurang.

“Saya empat kali datang ke proyeknya kereta cepat tapi memang baru pertama kali tadi mencoba. Nyaman, dan pada kecepatan tadi 350 km tidak terasa sama sekali ,baik saat duduk maupun saat saya berjalan,” terangnya.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung dibangun konsorsium perusahaan Indonesia dengan China. BUMN Indonesia di bawah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) mengusai 60 persen saham, sedangkan konsorsium China di bawah Beijing Yawan HSR Co Ltd memegang 40 persen.

Kereta melintasi empat stasiun, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. Jarak tempuh mencapai 142,3 kilometer dengan kecepatan maksimal mencapai 351 kilometer per jam.