Presiden Jokowi Menyebut Proyek Strategis Nasional Serap 11 Juta Tenaga Kerja

Headline, Nasional757 views

Inionline.id – Dalam delapan tahun terakhir Presiden Jokowi mengatakan 161 proyek strategis nasional (PSN) yang diselesaikan.

PSN tersebut telah menyerap 11 juta tenaga kerja. Tak hanya itu, PSN juga mendongkrak daya saing RI.

Jokowi mengatakan berdasarkan data International Institute for Management Development, daya saing RI naik dari posisi 44 pada 2022 ke posisi 34 pada tahun ini.

“Kenaikan 10 itu kenaikan tertinggi di dunia dan salah satunya karena urusan infrastruktur yang bisa banyak kita selesaikan,” kata Jokowi dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN), Rabu (13/9).

Jokowi berharap seluruh PSN akan rampung pada semester I tahun depan. Karenanya, ia meminta jajarannya memperhatikan pembangunan setiap PSN agar tidak mangkrak.

“Tolong dilihat lagi, dicek lagi, betul-betul awasi pembangunannya. Jangan sampai ada yang mandek apalagi mangkrak,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan jika ada masalah baik terkait pembebasan lahan, pembiayaan, perizinan harus segera dikomunikasikan. Pasalnya, kata Jokowi, banyak permasalahan yang terjadi hanya karena komunikasi yang tidak lancar.

“Ada kesalahpahaman segera dijelaskan kepada rakyat. Ini masalah komunikasi yang kadang-kadang tidak sambung,” kata Jokowi.