Mahasiswa Unpad Meneliti Khasiat Terapi Pasir Pantai Kejawanan Cirebon

Pendidikan457 views

Inionline.id – Banyak masyarakat meyakini mereka yang berendam di lumpur pasir Pantai Kejawanan, Kota Cirebon dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti rematik, asam urat, penyakit kulit, diabetes melitus, hingga stroke. Namun, pengakuan akan khasiat dan terapi pasir ini belum dibuktikan ilmiah dan hanya berupa mitos berdasarkan keyakinan masyarakat.

Hal itu mendorong tim mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan serta Fakultas Keperawatan melakukan riset untuk mengetahui sejauh mana khasiat lumpur pasir di pantai Kejawanan. Tim riset bernama “Seraphy” itu beranggotakan Hadi Firdaus (Ilmu Kelautan), Nabyla Nur’aeni (Keperawatan), Andriano Sembiring (Ilmu Kelautan), Mala Dewi Sopa (Ilmu Kelautan), dan Annisa Zahra (Ilmu Kelautan) di bawah bimbingan dosen FPIK Santi Rukminita Anggraeni.

Tim berhasil mendapatkan pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Kemendikbudristek 2023. Kajian oseanologi dan kesehatan terhadap pasir di pantai Kejawanan berlangsung pada 29 Juli–3 Agustus 2023 lalu.

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia.