Berikut ini 7 Kebiasaan Baik yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Kesehatan757 views

Inionline.id – Selain kesehatan fisik, penting juga untuk selalu menjaga kesehatan mental. Berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa meningkatkan kesehatan mental.

Ada banyak penyebab masalah kesehatan mental dan pengalaman individu yang berbeda-beda. Karena itu, kesehatan mental merupakan topik yang sulit dan kompleks.

Meskipun setiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, menciptakan kebiasaan sehat dapat membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan mental.

“Kesehatan mental adalah tentang fungsi otak Anda dan segala dampaknya,” kata Oludara Adeeyo, pekerja sosial psikiatris dan penulis “Self-Care for Black Women.”

Singkatnya, kesehatan mental mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial. Ini juga mencakup kesehatan emosional, atau kemampuan untuk memberi nama, mengatasi, dan mengatur emosi Anda.

Melansir Healthline, ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika kita peduli dengan kesehatan mental:meningkatkan mood

-meningkatkan mood
-mengurangi kecemasan
-berpikir lebih jernih
-memiliki hubungan lebih dalam
-meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri

Memelihara kesehatan mental juga dapat membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan yang dapat diperburuk oleh stres salah satunya penyakit jantung.

Kebiasaan meningkatkan kesehatan mental

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa meningkatkan kesehatan mental.

1. Cukup tidur

Tidur tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tapi juga memainkan peran dalam menjaga kesehatan mental.

Sebuah studi yang dilakukan CDC pada 2021 menemukan orang yang rata-rata tidur 6 jam atau kurang per malam, 2,5 kali lebih mungkin melaporkan gangguan mental dibandingkan mereka yang rata-rata tidur lebih dari 6 jam.

Untuk menjaga kualitas tidur, mulailah dengan menghindari kafein setelah jam 3 sore. Mencoba tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, menciptakan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur, dan menjaga suhu kamar tetap sejuk selama tidur.

2. Kurangi berselancar di media sosial

“Terus-menerus mengonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan seseorang membandingkan dirinya sendiri dan menimbulkan perasaan rendah diri, sehingga meningkatkan perasaan cemas dan depresi,” kata Adeeyo.

Untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial, cobalah untuk:

-Simpan ponsel di laci atau di luar kamar tidur
-Buatlah daftar aktivitas alternatif yang lebih bermakna untuk menggantikan aktivitas scrolling Anda
-Matikan notifikasi atau hapus aplikasi media sosial

3. Aktif bergerak

Mengutip Utah State University, salah satu kebiasaan baik yang bisa meningkatkan kesehatan mental adalah dengan aktif bergerak.

Menurut berbagai penelitian, olahraga teratur terbukti tidak hanya membantu kebugaran fisik, tetapi juga menghilangkan stres, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

4. Konsumsi makanan sehat

Makanan tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Untuk mendukung peningkatan kesehatan mental, cobalah memperluas pola makan Anda saat ini dengan memasukkan makanan yang mengandung nutrisi peningkat suasana hati seperti:

-buah beri
-pisang
-kacang polong
-biji-bijian utuh
-ikan berlemak, seperti salmon

Selain itu, penting untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan cukup minum air putih. “Saat mengalami dehidrasi, otak dan tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan beroperasi pada tingkat yang lebih optimal,” kata Adeeyo.

5. Perkuat hubungan sosial

Memiliki hubungan yang kuat dan membawa pengaruh baik ke dalam hidup Anda juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Ada banyak cara memperkuat hubungan sosial dalam hidup seperti menemukan sahabat, tetap saling berhubungan baik tatap muka atau sebatas pesan singkat, atau mengatur pertemuan rutin dengan orang tersayang.

6. Nikmati matahari terbit

Matahari merupakan sumber vitamin D terbaik dan sebuah studi menunjukkan ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

Jika udara di luar sedang bagus, tak ada salahnya ke luar rumah untuk menikmati matahari pagi selama lima menit. Itu akan terasa manfaatnya bagi hati dan pikiran Anda.

Namun, jika hari-hari Anda terasa sibuk, Anda bisa berjalan cepat, duduk di halaman belakang rumah, atau sekadar membuka jendela di dekat ruang kerja Anda.

7. Bersyukur dan selalu berpikir positif

Mengingat bahwa Anda memiliki hal-hal untuk disyukuri dalam hidup Anda sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga. Bersyukur adalah cara luar biasa untuk memiliki pola pikir positif ketika hidup sedang membuat Anda sedih.

Luangkan waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal positif dalam hidup, dan tuliskan sehingga Anda dapat merujuknya kembali. Memiliki pandangan hidup yang positif, bahkan di saat-saat tergelap sekalipun, dapat sangat membantu kesehatan mental Anda.

Itulah 7 kebiasaan baik yang bisa meningkatkan kesehatan mental. Semoga membantu.