Berikut ini 5 Olahraga Terbaik untuk Penderita Darah Tinggi

Kesehatan657 views

Inionline.id – Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka jangan lupa untuk tetap berolahraga. Ada beberapa olahraga terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Olahraga secara umum dapat membantu menurunkan tekanan darah. Caranya dengan mengatur berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi stres.

Kombinasikan olahraga dengan pola makan sehat. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah kondisi medis serius.

Ahli fisiologi olahraga klinis Laura Gray mengingatkan Anda untuk memperhatikan napas. Pastikan Anda tak menahan napas saat berolahraga.

“Berfokus pada pengendalian pernapasan akan membantu mencegah peningkatan tekanan darah yang signifikan,” ujar Gray, menukil laman Cleveland Clinic.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah melakukan pemanasan dan pendinginan selama 5-10 menit. Pemanasan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

“Dengan melakukan pemanasan dan pendinginan, Anda dapat menghindari perubahan tekanan darah yang drastis,” ujar Gray.

Olahraga terbaik untuk tekanan darah tinggi
Berikut beberapa bentuk olahraga terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi, merangkum berbagai sumber.

1. Aerobik

Pada dasarnya, olahraga kardio menjadi pilihan yang tepat sebagai olahraga yang menurunkan tekanan darah. Pasalnya, olahraga jenis ini membantu memperkuat jantung.

Aerobik adalah salah satunya. Anda bisa mendaftar ke kelas zumba atau aerobik yang lainnya.

2. Jalan cepat dan joging

Anda perlu berjalan lebih cepat dari biasanya untuk meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Selain jalan cepat, Anda juga bisa melakukan joging atau lari santai berkeliling komplek rumah.

3. Bersepeda

Bersepeda akan dihitung jika dilakukan setidaknya selama 10 menit dan Anda aktif mengayuh. Anda bisa rutin bersepeda demi mendapatkan tekanan darah yang normal.

4. Renang

Renang juga jadi salah satu olahraga yang membantu mengatur tekanan darah. Berenang melatih dan memperkuat otot jantung jika dilakukan secara rutin.

5. Latihan otot

Latihan isometris atau otot ditemukan sebagai olahraga terbaik untuk penderita darah tinggi. Dua contohnya adalah wall squat dan plank.

Lewat studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, para peneliti menilai wall squat dan plank punya kemampuan untuk mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik.