USK Genjot Akselerasi untuk Menuju World Class University

Pendidikan057 views

Inionline.id – Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar Rapat kerja (Raker) pelaksanaan program 2024.  Salah satu agendanya adalah membahas rencana untuk mewujudkan USK Sebagai world clas university.

Rektor USK, Marwan mengatakan, raker ini diikuti oleh seluruh elemen jajaran rektorat, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik Universitas, jajaran dekan di lingkungan fakultas, dan seluruh organ lain yang terkait. “Kita akan terus berkolaborasi dalam melaksanakan segenap program sesuai dengan rencana strategis, demi mewujudkan USK menjadi world class university,” kata Marwan dalam keterangannya, Minggu, 20 Agustus 2023.

Rektor menerangkan, untuk mewujudkan itu semua dibbutuhkan sinergitas guna melampaui sejumlah tantangan. Namun yang paling terasa adalah upaya memuluskan proses transisi USK sebagai universitas berstatus PTN-BH, yang telah dimulai sejak Oktober 2022.

“Sejumlah organisasi sebagaimana amanat PTN-BH telah terbentuk, dan akan ada beberapa yang juga segera disesuaikan. Yang paling penting untuk dipahami bersama melalui raker ini ialah, PTN-BH menuntut tata kelola keuangan yang akuntabel. Maka kita terus tingkatkan integrasi dan pengawasan,” jelas Marwan.

Lebih jauh, Marwan mengingatkan, rencana strategis akan di detilkan melalui Rencana Kerja Tahunan (RKT). Tidak hanya itu, tantangan Indikator Kinerja Utama (IKU) perhitungannya tidak lagi sama, setelah berstatus sebagai Perguruan Tinggi PTN-BH.

“Setiap tahun ada perubahan cara ukur IKU. Karena itu, perlu kesepakatan semua pihak untuk mencapai target yang sama. IKU 1 kedepan harus 80 persen, terkait lulusan yang langsung bekerja. Sedangkan IKU 2, tentang MBKM, targetnya 25 persen,” ungkapnya.