Tiap Tahunnya Beasiswa Indonesia Bangkit Jangkau 4.000 Penerima

Pendidikan457 views

Inionline.id – Kementerian Agama melakukan seleksi bagi penerima Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) setiap tahunnya.  Kuota Beasiswa Indonesia Bangkit yang diberikan setiap tahunnya menjangkau sekitar 4.000 penerima dalam satu tahun.

Ketua Project Management Officer (PMO) BIB Kemenag, Ruchman Basori mengatakan, peluang mendapat beasiswa ini diperebutkan oleh para pelaku pendidikan yang dijaring melalui seleksi BIB Kemenag.  Pendaftarnya berasal dari kalangan santri, mahasiswa, alumni, ustaz, kyai, dosen, guru PAI pada sekolah dan madrasah, hingga tenaga kependidikan.

“Terbuka juga bagi peserta dari lembaga pendidikan keagamaan selain binaan Pendidikan Islam, baik dari Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu,” kata Ruchman, dilansir dari laman kemenag, Minggu, 27 Agustus 2023.

Di hadapan ribuan alumni FEBI yang akan dikukuhkan menjadi sarjana, Ruchman, mengajak untuk memanfaatkan program BIB Kemenag, baik studi lanjut S2 maupun S3.

Beasiswa Indonesia Bangkit adalah beasiswa kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Kemenag.  Beasiswa ini untuk memberikan kesempatan bagi para alumni Perguruan Tinggi Keagamaan binaan Kemenag untuk studi lanjut S1, S2 dan S3 dalam dan luar negeri.

BIB Kemenag 2023 merupakan tahun kedua dengan anggaran mencapai Rp950 miliar untuk beasiswa degree (S1, S2 dan S3) dan nondegree.  Ruchman berharap para alumni FEBI mempersiapkan diri, baik TOEFL, kesiapan akademik untuk studi lanjut disertai dengan kesiapan daya tahan dan daya juang mendapatkan program beasiswa.

“Kesempatan tidak datang dua kali, silakan manfaatkan BIB Kemenag ini untuk meraih impian kuliah di perguruan tinggi bergengsi.  Indonesia Emas 2045 harus kita sambut dengan ketersediaan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter dan mempunyai daya saing di kancah internasional,” lanjutnya.

Dekan FEBI UIN SATU, Dede Nurrohman menambahkan, sarjana FEBI yang akan diwisuda berjumlah 315 orang. Dia berharap program BIB ini dapat dimanfaatkan oleh para sarjana lulusan UIN SATU untuk melanjutkan studinya.

“Raihlah mimpi studi lanjut dengan mengambil prodi-prodi pilihan anda agar tambah sukses,” kata Dede.

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia.