TAK PERLU KHAWATIR KEHABISAN DAYA BATERAI SAAT PERJALANAN, PLN BOGOR HADIRKAN SPKLU UNTUK MUDAHKAN PENGGUNA KENDARAAN LISTRIK

Antar Daerah957 views

Bogor, Inionline.id – Kendaraan listrik saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat. Selain penggunaan kendaraan listrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan sejalan dengan program Pemerintah untuk mendukung target Net Zero Emission di tahun 2060, keuntungan lainnya yang di dapat adalah hemat biaya operasional, bebas aturan ganjil genap, tidak bising, dan lainnya.

PLN UP3 Bogor siap mendukung transisi energi dengan mengoptimalkan infrastruktur ekosistem kendaraan listrik dengan penyediaan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik untuk kendaraan listrik roda empat maupun kendaraan listrik roda dua. Di wilayah Bogor sendiri saat ini sudah tersedia 9 SPKLU dengan 1 Unit SPKLU berjenis Ultra Fast Charging (UFC) untuk kendaraan listrik roda empat.

SPKLU UFC ini memiliki keistimewaan yaitu mampu mengisi penuh mobil listrik dengan kapasitas di atas 80 kilo Watt hour (kWh) hanya dalam waktu 30 menit saja dari posisi kosong. Tak hanya itu saja, SPKLU dengan daya 200 kilo Watt (kW) ini juga dilengkapi dengan fitur Simultan Charger sehingga dapat mengisi 2 unit kendaraan secara bersamaan. Dengan fitur ini, maka distribusi beban listrik yang dialirkan secara dinamis kedua mobil yang sedang diisi dayanya.

Selain untuk kendaraan listrik roda empat, khusus di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bogor beserta Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UP3 Bogor, juga sudah bisa dipakai untuk mengisi daya motor listrik. Di kantor PLN sudah tersedia konverter yang dapat dipakai secara gratis saat akan mengisi daya di SPKLU dengan melakukan peminjaman ke petugas pengamanan setempat. Pengguna diimbau untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile atau CHARGE.IN untuk nanti dipakai saat proses pengisian daya. Selain itu, fitur Electric Vehicle yang tersedia dalam aplikasi PLN Mobile akan memudahkan masyarakat pemilik kendaraan listrik untuk langsung menemukan lokasi SPKLU terdekat dan juga melakukan transaksi pengisian baterai dalam satu genggaman.

SPKLU UFC saat ini tersedia di kantor PLN UP3 Bogor di Jalan Raya Pajajaran No. 233, Bantarjati, Bogor Utara. Di SPKLU UFC PLN UP3 Bogor tersedia 2 (dua) nozzle yang dapat dipakai secara bersamaan. Selain itu, SPKLU non UFC juga tersedia di :

1. Kantor PLN ULP Cipayung, Jl. Raya Puncak, Megamendung
2. Kantor PLN ULP Bogor Kota / Prima Pakuan, Jl. Kapten Muslihat No. 2
3. Kantor PLN ULP Bogor Barat, Jl. Raya Kemang KM. 18
4. Kantor PLN ULP Leuwiliang, Jl. Raya Girimulya KM. 17, Cibungbulang
5. Kantor PLN ULP Jasinga, Jl. Raya Cigudeg No. 24, Bunar
6. Kantor Balaikota Bogor, Jl. Ir. H. Juanda No. 10, Paledang (hanya tersedia untuk kendaraan roda empat)
7.Alun-alun Kota Bogor, Jl. Kapten Muslihat No. 17 A (hanya tersedia untuk kendaraan roda empat)

Selain di titik tersebut, SPKLU juga sudah tersedia di lingkungan Istana Kepresidenan Bogor.