Presiden Jokowi Pastikan Jalur LRT akan Diperpanjang Sampai Bogor

Berita257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jalur kereta rel ringan (LRT) Jabodebek akan diperpanjang sampai kota-kota penyangga DKI Jakarta, salah satunya Bogor.

Hal itu disampaikannya usai menjajal LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti hingga Stasiun Dukuh Atas pada Kamis (3/8).

“Ini kan baru tahap pertama, mestinya tidak hanya sampai di Cibubur, tetapi sampai di Bogor kemudian yang ke arah Bekasi, mungkin ke arah Depok, Tangerang, semuanya. Ini mungkin baru tahapan pertama,” ujarnya.

Ia menilai operasional angkutan publik baru itu tidak usah tergesa-gesa. Ia ingin operator memastikan betul sistem keamanan dan keselamatan LRT Jabodebek.

“Kita berharap apabila nanti sudah dioperasikan ini betul-betul bisa mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan MRT, LRT, dan kereta cepat merupakan moda transportasi baru di Indonesia. Apabila ada kekurangan atau evaluasi merupakan hal wajar.

“Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan-perbaikan teknis yang lain-lainnya,” terangnya.

Ini menjadi kali kedua Jokowi melakukan uji coba LRT Jabodebek. Pada Desember 2022 lalu, Jokowi menjajal LRT dari Stasiun LRT Harjamukti, Depok sampai ke Stasiun TMII, Jakarta Timur.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya mengungkapkan pembangunan LRT akan berlanjut sampai Bogor dan Karawang.

“Berkait dengan Bogor, kita memang lagi melakukan studi berkaitan dengan (pembangunan fasilitas LRT) itu. Kami mendapat instruksi dari bapak presiden bahwa ini harus sampai Bogor,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadidi Stasiun LRT Halim, Jakarta Timur, Rabu (28/6), dikutip dari Detik.

Mengutip laman resmi Kemenhub, LRT Jabodebek bisa menampung hingga 700 penumpang dan rata-rata frekuensi 400 perjalanan per harinya. Saat ini, rute terjauh LRT Jabodebek dari Jakarta baru sampai Jatimulya, Bekasi.

Angkutan umum ini terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yakni, Trans Jakarta dan Jaklingko, Trans Patriot, KRL Komuter, Kereta Bandara Soekarno Hatta, dan Kereta Cepat Jakarta – Bandung.