Pasar Buku Al Muttaqin Taleus Bogor, Membangun Peradaban Melalui Literasi

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Bunda Literasi Kota Bogor, Yane Ardian membuka Pasar Buku Al Muttaqin Taleus Bogor di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu (30/8/2023).

Pembukaan Pasar Buku Al Muttaqin Taleus Bogor, (taman literasi dan edukasi urang sarerea) juga dihadiri oleh Ketua DKM Masjid Al Muttaqin, Noviar Baderanie, Ketua IKAPI Jakarta, Hikmat Kurnia dan ustadz Felix Yanwar Siauw.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor yang juga diberikan award oleh panitia kepada para pelajar yang rajin membaca di perpustakaan hingga dalam sebulan bisa membaca sebanyak 10 hingga 27 buku di Perpustakaan Kota Bogor.

Bima Arya mengatakan pihaknya ingin terus mengkampanyekan literasi, karena literasi menurutnya merupakan syarat utama untuk membawa peradaban.

Sebab, membaca tidak hanya bisa dilakukan di perpustakaan umum, tapi juga bisa di masjid-masjid.

“Di masjid-masjid bagus sekali kalau ada perpustakaan, jadi Al Muttaqin ini bagus sekali sudah ada perpustakaan. Sehingga menginspirasi yang lain dan kita akan bantu, setelah ini di Masjid Agung pun akan ada perpustakaan yang akan kita resmikan bersama dengan peresmian Masjid Agung bulan Desember,” katanya.

Bima Arya melanjutkan, membaca merupakan salah satu upaya untuk membangun peradaban melalui literasi.
Saat ini Perpustakaan Kota Bogor bisa dikunjungi 500 hingga 800 pengunjung setiap hari.

“Artinya masih ada orangtua guru, ustadz dan ustadzah yang percaya bahwa membangun peradaban adalah membuat anak terbiasa membaca. Dan itu masih ada,” ujarnya.

Karena lanjut Bima Arya, membangun peradaban tidak hanya membangun jembatan ataupun infrastruktur lainnya, tapi melalui pembangunan manusia dan itu bisa dilakukan melalui buku.

“Buku itu adalah jendela dunia untuk membangun karakter. Saya senang sekali melihat lautan buku, kita akan ramaikan di sini,” ujarnya.

Pada pasar buku itu Bima Arya juga membeli 8 buku berbagai judul dari berbagai penerbit.

Ketua Panitia Pelaksana, Rita Saadah mengatakan, kegiatan pameran ini berlangsung sejak 30 Agustus 2023 hingga 3 September 2023.

“Pasar buku di sini beda dengan lainnya, karena penuh dengan diskon ini juga ada kegiatan seperti workshop menulis. Jadi yang mau dan hobi menulis ada bengkelnya langsung ketemu dengan penerbitnya, ada bedah buku juga. Ada berbagai lomba juga,” katanya.

Pameran buku ini terselenggara atas dukungan IKAPI DKI Pusat dan juga Pemilik Penerbit Kelompok Agromedia Hikmat Kurnia.

Rita berharap dengan pasar buku ini bisa memberi ruang yang nyaman untuk anak-anak, remaja dan generasi Z untuk bisa membaca buku dan membeli buku dengan nyaman serta mendapat wawasan dengan adanya workshop.

“Di sini tempatnya nyaman, bukunya ada, karena memang teman-teman pejuang literasi ingin meningkatkan minat baca dan menulis,” katanya.