Makna Lukisan ‘Jokowi-Prabowo, Indonesia Solid’ Diungkapkan PSI

Politik557 views

Inionline.id – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan bingkai foto atau lukisan yang memperlihatkan momen Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Tampak tulisan ‘Indonesia Solid’ sebagai latar belakang bingkai foto tersebut. Terlihat pula logo Partai Gerindra dan PSI di sisi bagian atas.

“Lukisan itu inspirasinya dari bagaimana kita melihat Pemilu yang lalu sangat terpolarisasi tapi akhirnya bisa berakhir dengan sangat baik,” kata Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie di Markas PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).

Lukisan dan bingkainya tersebut pun langsung diserahkannya ke Prabowo yang membawa jajaran Gerindra ke markas PSI.

Grace menilai Jokowi sebagai presiden mampu membuka diri dengan menggandeng rivalnya dalam dua pilpres terakhir, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju. Menurut Grace selama pemerintahan periode 2019-2024 ini, baik Jokowi maupun Prabowo sudah bekerja sama dengan baik.

“Jadi artinya di situ indahnya kalau semuanya bisa jalan bareng,” kata dia.

Grace dalam kesempatan itu juga mengungkapkan partainya merasa terhormat lantaran didatangi langsung oleh Prabowo dan para elite Gerindra.

Grace menyebut PSI partai yang belum sampai di parlemen di pemilu lalu, suara PSI sekitar 1,89 persen di Pemilu 2019. Menurutnya, PSI juga berisi anak-anak kecil, anak ingusan, namun Prabowo Cs masih bersedia berkunjung ke markas mereka.

“Partai pemenang kedua Pemilu berkenan datang mendatangi, kalau ditempat lain kita yang diminta ke sana, kalau perlu sambil merangkak. Kalau di sini Pak Prabowo yang berkenan hadir mendatangi kami di kantor PSI,” ujar Grace.

PSI sebelumnya telah mengumumkan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Ganjar dipilih lewat hasil hasil rembuk rakyat atau penjaringan nama capres yang dilakukan PSI.

Bahkan, deklarasi dukungan tersebut dilakukan PSI pada Oktober 2022 lalu, atau jauh sebelum Ganjar resmi diumumkan oleh PDIP. Namun, PSI hingga kini belum diterima langsung oleh PDIP sebagai partai pengusung.

Belakangan, pada Mei lalu, Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengatakan partainya belum secara resmi mendukung Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah tersebut. Giring mengatakan pihaknya masih menunggu arahan Presiden Jokowi.