Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Umur Lebih Panjang 24 Tahun

Kesehatan257 views

Inionline.id – Ingin hidup 24 tahun lebih lama? Jika iya, maka beberapa pilihan gaya hidup sehat di bawah ini patut Anda coba.

Sebuah studi terbaru menemukan beberapa kebiasaan yang bisa bikin panjang umur. Kebiasaan ini bisa dilakukan saat Anda memasuki usia 40 tahun.

Jika kebiasaan ini dilakukan pada usia 50 tahun, maka Anda bisa memperpanjang angka harapan hidup hingga 21 tahun. Sementara jika diterapkan pada usia 60 tahun, kebiasaan ini bisa menambah angka harapan hidup hingga 18 tahun.

“Ada periode 20 tahun di mana Anda dapat membuat perubahan ini, apakah Anda melakukannya secara bertahap atau sekaligus,” ujar penulis utama studi Xuan Mai Nguyen, ahli kesehatan untuk Program Juta Veteran di VA Boston Healthcare System.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrition ini mengamati gaya hidup hampir 720 ribu veteran militer berusia 40-99 tahun.

Kebiasaan yang bikin panjang umur

Studi tersebut juga mengurutkan delapan gaya hidup untuk melihat mana yang memberikan dorongan terbesar dalam umur panjang.

1. Rajin olahraga
Bukan rahasia lagi, olahraga memang bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Studi menemukan, olahraga dapat menurunkan risiko kematian hingga 46 persen.

“Orang yang hidup lebih lama melakukan 7,5 jam olahraga yang setara dengan metabolisme dalam seminggu,” ujar Nguyen.

2. Tak merokok
Tak pernah merokok dapat mengurangi risiko kematian hingga 29 persen. Nguyen mengatakan, berhenti merokok kapan saja dapat memberikan kesehatan yang besar.

3. Pandai mengelola stres
Mengelola stres dapat mengurangi kematian dini hingga 22 persen. Stres yang dibiarkan memang bisa berdampak pada kesehatan secara menyeluruh.

4. Makan sayur dan buah
Menerapkan pola makan nabati meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama hingga 21 persen.

Namun, bukan berarti Anda harus menjadi seorang vegan. Alih-alih vegan, Anda disarankan untuk menerapkan pola makan Mediterania yang penuh dengan biji-bijian dan sayuran hijau.

5. Menghindari konsumsi minuman beralkohol
Membatasi asupan minuman beralkohol sehari dapat mengurangi risiko kematian sebesar 19 persen.

6. Tidur berkualitas
Tidur berkualitas dengan durasi setidaknya selama 7-9 jam per malam dapat menurunkan risiko kematian dini dari penyebab apa pun hingga 18 persen.

7. Terhubung dengan teman
Dikelilingi oleh hubungan sosial yang positif dapat menambah angka harapan hidup hingga 5 persen.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa bikin panjang umur.