Dewan Jabar Supono Desak Pemerintah Hapus Sistem Zonasi Sekolah

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat H. Supono menerima aspirasi masyarakat Desa Sukanegara, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, saat dirinya menggelar reses III tahun anggaran 2022-2023, Jum’at (04/08/2023).

Aspirasi yang paling disorot olehnya ialah soal sistem zonasi sekolah saat digelarnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Saya mendesak Pemerintah agar sistem zonasi ini dihapus atau dirubah dengan sistem yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Masyarakat yang menyampaikan aspirasi tersebut memang cukup memprihatinkan hingga menyita perhatian politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

“Saya juga menyampaikan salah satu alternatif solusi bagi masyarakat yang terkena dampak negatif sistem zonasi ini adalah sekolah swasta,” tukasnya.

Tidak hanya soal sistem zonasi, masalah pendidikan lain juga menjadi catatan H. Supono salah satunya adalah kurangnya sumber daya tenaga guru dan pengajar.

“Faktor-faktornya ada beberapa, seperti ada guru yang diangkat P3K, ada guru yang wafat, atau dimutasi, bahkan hingga ada sekolah yang posisi kepala sekolahnya kosong,” imbuhnya.

Terkait hal ini, H. Supono akan mengkomunikasikan setingkat SMA dan SMK karena memang kewenangannya berada di tingkat Provinsi Jawa Barat.