Berikut ini 8 Tips Memasak Ikan Laut agar Tidak Amis

Inionline.id – Salah satu tantangan dalam mengolah ikan laut adalah sisa bau amis yang terkadang menghilangkan selera makan. Untungnya, ada banyak tips memasak ikan laut yang bisa diikuti agar bau amis tidak lagi tercium.

Apakah Anda salah satu yang kesulitan menghilangkan bau amis pada ikan laut maupun seafood lainnya? Jika iya, ikuti informasi berikut!

Tips Memasak Ikan Laut agar Tidak Amis

ilustrasi ikan tongkol (Pexels/Dominiquemel16 Ramos)

Mengutip dari laman Live Strong, berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau amis saat memasak ikan laut.

Bersihkan dengan baik

Sebelum memasak, pastikan Anda membersihkan ikan dengan benar. Bersihkan sisik, insang, dan isi perutnya. Setelah itu, bilas ikan dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran.

Rendam dengan garam

Setelah dibersihkan, coba lumuri ikan dengan garam secukupnya dan diamkan selama beberapa menit. Garam sudah lama dipercaya dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan asin.

Gunakan bahan yang asam

Bahan atau bumbu asam seperti jeruk nipis atau cuka sudah cukup lama digunakan untuk menghilangkan bau amis.

Caranya, Anda hanya perlu memeraskan 1–2 buah jeruk pada ikan, lalu diamkan sebentar. Setelah itu, jangan lupa cuci ikannya sebelum menambahkan bumbu atau saus. Asam dapat membantu mengurangi rasa amis.

Rendam dalam air es

Tips memasak ikan laut agar tidak amis selanjutnya adalah merendamnya terlebih dahulu ke dalam air es selama 15-20 menit. Rendaman air es dapat membantu mengencangkan daging ikan dan mengurangi bau amis.

Pilih metode memasak yang tepat

Panggang, rebus, atau kukus bisa menjadi metode memasak ikan laut supaya tidak amis.
Namun, pastikan untuk memasaknya dengan suhu yang tepat. Jangan memasak terlalu lama, karena overcooking dapat membuat ikan menjadi amis.

Gunakan bumbu dan rempah

Memasak ikan laut dengan bumbu dan rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, atau rempah tradisional lainnya juga bisa menjadi tips agar ikan tidak lagi berbau amis.

Bukan hanya menghilangkan bau amis, bumbu-bumbu tersebut juga bisa membuat ikan terasa lebih nikmat.

Hindari pakai minyak terlalu banyak

Penggunaan terlalu banyak minyak saat menggoreng dapat membuat ikan menjadi lebih berbau amis.

Oleh karena itu, saat ingin menggorengnya, cukup gunakan minyak secukupnya dan tiriskan dengan sempurna.

Pilih ikan segar

Satu hal penting yang harus Anda lakukan untuk membuat masakan ikan laut yang tidak amis adalah memilih ikan segar. Ikan segar cenderung memiliki aroma yang lebih sedikit amis dibandingkan ikan yang sudah tidak segar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memasak ikan laut dengan hasil yang tidak amis dan lezat. Ingatlah bahwa praktik terbaik bisa bervariasi, tergantung pada jenis ikan dan cara memasak yang Anda pilih.