Berikut ini 5 Penyebab Telapak Kaki Sakit saat Berjalan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Rasa sakit pada telapak kaki bisa muncul saat berjalan. Ada beberapa penyebab telapak kaki sakit saat berjalan yang perlu diketahui.

Menukil laman National Health Service (NHS), rasa sakit pada telapak kaki biasanya muncul saat melakukan olahraga atau penggunaan sepatu yang terlalu ketat. Alas kaki tipis atau tidak sesuai ukuran juga bisa menimbulkan rasa sakit di telapak kaki.

Tapi, ada beberapa hal lain yang juga bisa jadi penyebab munculnya rasa sakit ini. Berikut di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Plantar fasciitis
Sakit di telapak kaki bisa terjadi karena peradangan pada plantar fascia, yakni kumpulan jaringan tebal yang memanjang di bawah kaki.

Mengutip Healthline, saat ini terjadi, tumit akan terasa sakit seperti tertusuk, terutama saat berjalan. Rasa sakit juga bisa muncul saat Anda mencoba berdiri setelah duduk, atau sebaliknya mencoba duduk setelah berdiri lama.

2. Kapalan
Kapalan muncul ditandai dengan lapisan kulit yang menebal. Kapalan juga bisa jadi penyebab telapak kaki sakit saat berjalan.

Biasanya kapalan muncul karena gesekan, terutama di bagian bawah kaki. Bentuknya mirip bercak yang muncul di telapak kaki, warnanya kekuningan, dan terasa keras saat dipegang.

Lapisan yang sangat tebal bisa menyebabkan rasa sakit, terutama saat berjalan.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa merendam kaki di air hangat. Anda juga bisa menggunakan sepatu yang agak longgar agar kapalan tidak terbentuk di telapak kaki.

3. Radang sendi
Berbagai jenis radang sendi bisa menyebabkan rasa sakit di telapak kaki. Rasa sakit ini juga disertai kaku pada persendian, otot, hingga tulang kaki.

Salah satu masalah ini bisa muncul karena asam urat. Asam urat biasanya dimulai dengan nyeri hebat dan bengkak di jempol kaki.

4. Bantalan di tumit menyusut
Bantalan tumit yang mulai menyusut memang bisa menyebabkan rasa sakit di telapak kaki. Mengutip Medical News Today, saat ini terjadi, tulang tumit lebih sering menyentuh tanah saat berjalan.

Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya berkisar dari nyeri, rasa terbakar, hingga pegal dan tidak nyaman.

Untuk menghilangkan rasa sakit, Anda bisa melakukan kompres es dan mengistirahatkan kaki sejenak.

5. Tendonitis
Tendon yang mengalami peradangan bisa menimbulkan rasa sakit, terutama saat berjalan atau berolahraga. Rasa sakit biasanya muncul di bagian belakang kaki atau tumit, serta nyeri seperti tertekan atau kaku di kaki.

Mengurangi rasa sakit pada telapak kaki karena tendon yang meradang bisa dilakukan dengan menyisipkan bantalan khusus di sepatu.

Demikian beberapa penyebab telapak kaki sakit saat berjalan.