Berikut ini 5 Cara Alami Agar Dahak Cepat Keluar dan Ampuh Redakan Tenggorokan

Kesehatan157 views

Inionline.id – Batuk yang disertai dahak tentu terasa tidak nyaman apalagi buat tenggorokan. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan agar dahak cepat keluar?

Dahak adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan partikel benda asing seperti debu. Umumnya, produksi dahak akan meningkat ketika mengalami alergi, flu, asma, hingga asam lambung.

Secara umum, ada beberapa jenis dahak sesuai warna yang muncul. Warna ini mengindikasikan penyebab penyakit yang berbeda-beda, sehingga perlu diperhatikan.

Melansir Heathline, setidaknya ada enam warna dahak. Mulai dari jernih, putih, kuning kehijauan, merah, cokelat, dan hitam. Tiap orang bisa jadi mengeluarkan dahak dengan warna yang berbeda tergantung penyakit yang sedang dialami.

Misal, dahak berwarna jernih akan meningkat saat tubuh mengeluarkan virus tertentu, misalnya karena alergi di hidung dan setelah demam, virus bronkitis, dan virus pneumonia (flu). Dahak inilah yang paling umum dialami.

Adapula dahak berwarna hitam yang biasanya keluar karena tubuh menghirup udara yang hitam pula, misalnya debu batu bara. Kadang juga karena infeksi jamur. Dahak berwarna hitam disebut juga melanoptisis.

Dahak berwarna hitam biasanya ditemukan pada orang yang merokok, mengonsumsi kokain, dan pneumokonosis atau penyakit paru-paru hitam.

Cara cepat keluarkan dahak secara alami

Melansir berbagai sumber, berikut ini cara agar dahak cepat keluar secara alami:

1. Melembapkan udara

Mengutip Healthline, melembapkan udara di sekitar dapat membantu mengencerkan dahak. Gunakan humidifier atau pelembap udara di ruangan tempat Anda beraktivitas.

Menghirup uap juga menjadi cara lain untuk mendapatkan udara yang lembap. Isi wadah dengan air panas. Hirup uap dari air panas tersebut dengan lembut untuk mengencerkan lendir.

2. Tetap terhidrasi

Mencukupi asupan cairan, terutama dengan air hangat, dapat membantu melancarkan aliran dahak. Air dapat melonggarkan kemacetan yang membatasi gerak lendir pada tenggorokan.

Tak hanya dengan air mineral, Anda juga bisa mendapatkan air hangat dari kuah sup atau secangkir teh.

3. Kumur air garam

Menukil Medical News Today, kumur air garam merupakan cara agar dahak cepat keluar dengan alami. Campurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat, lalu berkumurlah. Kemudian, buang air tersebut.

Cara ini bisa digunakan karena garam bisa mengencerkan lendir sehingga lebih mudah keluar dari tenggorokan. Selain itu, garam juga bisa mengurangi rasa alergi atau gatak pada tenggorokan.

4. Oleskan minyak kayu putih

Minyak esensial dengan aroma kayu putih bisa digunakan untuk melonggarkan lendir di dalam dada. Tak hanya menggunakan kayu putih dalam bentuk minyak, bisa juga menggunakan sejenis balsem di dada.

5. Konsumsi herbal

Cobalah mengonsumsi beberapa jenis herbal seperti lemon, jahe, dan bawang putih. Ada beberapa bukti yang menemukan bahwa ketiga bahan tersebut dapat mengobati pilek, batuk, dan dahak berlebih.

Selain itu, makanan pedas yang mengandung capsaicin seperti cabai rawit juga dapat membantu membersihkan sinus dan mengeluarkan lendir.

Itulah 5 cara agar dahak agar cepat keluar secara alami sehingga melegakan tenggorokan. Semoga membantu.