Berikut ini 3 Cara Mudah Diet Intermittent Fasting

Kesehatan157 views

Inionline.id – Diet yang dijalani Tika Panggabean berhasil membuat tubuhnya menjadi lebih langsing. Personel grup vokal Project Pop ini melakoni intermittent fasting selama 10 tahun terakhir.

“Aku sudah melakukan intermittent fasting sudah lama, ya. Sudah dari sekitar 2014 atau 2013,” ujar Tika, dikutip dari 20detik.

Tak cuma diet, Tika juga getol berolahraga. Ia mengaku fokus dengan olahraga kardio demi tubuh yang lebih sehat dan ideal.

Intermittent fasting sendiri merupakan diet atau pola makan yang membagi antara waktu makan dan waktu puasa. Bagaimana cara melakukan diet intermittent fasting?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dengan konsep puasa intermiten ini menawarkan manfaat seperti menurunkan lemak hingga meningkatkan angka harapan hidup. Puasa ini konon lebih mudah dipertahankan dibandingkan dengan diet tradisional yang mengontrol asupan kalori.

Cara melakukan diet intermittent fasting yang dijalani Tika Panggabean
Cara kerja diet seperti yang dijalani Tika Panggabean ini sebenarnya cukup dengan membagi waktu antara makan dan berpuasa.

Di waktu makan, Anda dipersilakan untuk memakan apa pun yang disukai namun tetap terkontrol dan tidak berlebihan. Sementara di waktu puasa, Anda diminta untuk menghindari berbagai asupan dan hanya mengandalkan air

Berikut beberapa cara melakukan diet intermittent fasting untuk pemula, mengutip Medical News Today.

1. Puasa 12 jam sehari
Aturan ini cukup sederhana. Anda hanya perlu berpuasa selama 12 jam setiap hari.

Puasa 12 jam juga jadi salah satu cara yang paling cocok untuk pemula. Sebagian besar menjalankan puasanya pada malam hari dan waktu tidur.

Contoh:

19.00 WIB – 07.00 WIB keesokan hari berpuasa
07.00 WIB – 19.00 WIB makan

2. Puasa 16 jam sehari

Cara satu ini dikenal juga dengan istilah ‘metode 16:8’. Artinya, Anda diminta untuk berpuasa selama 16 jam. Sementara 8 jam sisanya bisa digunakan untuk makan.

Namun perlu dicatat, jenis puasa akan lebih bermanfaat pada mereka yang telah mencoba puasa 12 jam terlebih dahulu.

Contoh:

19.00 WIB – 11.00 WIB keesokan hari berpuasa
11.00 WIB – 19.00 WIB makan

3. Puasa 2 hari dalam seminggu

Cara ini dikenal dengan ‘metode 5:2’. Artinya, Anda bisa makan dengan normal selama 5 hari dan mengurangi asupan kalori pada 2 hari lainnya.

Selama 2 hari puasa, pria umumnya hanya mengonsumsi 600 kalori, sementara wanita 500 kalori.

Contoh:
Puasa pada Senin dan Kamis, sisa hari yang lain makan dengan normal.

Demikian beberapa cara melakukan diet intermittent fasting untuk pemula. Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan diet seperti yang dijalani Tika Panggabean ini.