Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Fitur Pelacak Pola Tidur Galaxy Watch6

Iptek557 views
Inionline.id – Samsung Electronics Indonesia meluncurkankan Galaxy Watch6 Series di Indonesia.

Smartwatch satu ini dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat membantu penggunanya meningkatkan kualitas tidur.

“Menyadari betapa pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan, Samsung membekali Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan fitur-fitur yang kian disempurnakan untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya,” ucap Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Menurutnya, fitur Sleep Monitoring yang disematkan, memungkinkan pengguna melacak pola tidur dan mempelajari hasil Sleep Insights yang detail dan akurat langsung dari perangkat watch.

Dia menambahkan, pengguna bahkan bisa seolah memiliki sleep coach pribadi dengan memanfaatkan fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

“Ini bisa jadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas tidur dengan efektif, dan membangun wellness yang lebih baik dalam keseharian,” ujarnya dalam jumpa pers virtual belum lama ini.

Jumpa pers virtual Galaxy Watch6, belum lama ini. [Samsung Electronics Indonesia]

Bukan sekadar istirahat, Sleep Educator Vishal Dasani memaparkan, tidur yang baik juga harus berkualitas.

Menurutnya, manusia perlu konsisten melakukan tidur yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kondisi tubuh dan pola hidup.

Menurut Vishal, memantau pola tidur secara rutin dapat dengan mudah dilakukan menggunakan fitur Sleep Monitoring yang ada pada Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic.

“Caranya mudah, tinggal pakai perangkat watch mu saat tidur. Kamu juga mengaktifkan pengaturan ‘track blood oxygen’ dan deteksi dengkur untuk mengetahui insight tidur yang lebih lengkap,” terangnya.

Dengan adanya fitur Sleep Score pada Galaxy Watch6 Series, kamu dapat melihat ringkasan dari seluruh data yang dikumpulkan, termasuk evaluasi apakah kualitas tidurmu sudah baik atau membutuhkan perhatian lebih.

Evaluasi dihasilkan berdasarkan faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin, serta tahapan-tahapan tidur yang dialami.

Terdapat tiga fase yang dialami manusia ketika sudah tertidur. Dimulai dengan fase Light Sleep, dimana ini aktivitas otak mulai melambat, ritme jantung dan pernafasan lebih stabil, otot mulai rileks, dan terjadi proses konsolidasi memori.

Kemudian dilanjutkan fase tidur yang lebih dalam yaitu Deep Sleep, dimana fungsi restorasi fisik terjadi, yang akan berakhir pada fase REM sleep, dimana mimpi dirasakan dan fungsi reparasi kognitif terjadi.

Vishal menjelaskan, memahami fase-fase tidur ini akan lebih memudahkan masyarakat untuk memiliki persepsi yang lebih positif terhadap pola tidur, dan menyadari bahwa ketiga fase tidur, masing-masing memiliki peran penting.

Galaxy Watch6. [Samsung Electronics Indonesia]

“Masing-masing fase tidur memiliki porsinya masing-masing. Momen Deep Sleep saat kita tidur biasanya tidak terlalu lama dan merupakan hal normal,” ungkapnya.

Jadi, dia mnambahkan, jangan panik kalau melihat porsi Deep Sleep pada sleep stage hanya 1-2 jam. Karena kualitas tidur bukan dilihat dari banyaknya Deep Sleep.

“Berita baiknya, di Galaxy Watch6 Series, kita bisa mendapatkan insights yang beginner friendly karena ada penjelasan-penjelasan komprehensif yang dapat diakses lewat aplikasi Samsung Health,” terang Vishal.

Seperti dijelaskan oleh Vishal sebelumnya, kualitas tidur yang baik dilihat berdasarkan konsistensi dan kebutuhan tubuh.

Nah, dengan menggunakan Galaxy Watch6 Series, kamu bisa tracking konsistensi tidur setelah rutin melacak pola tidur selama beberapa hari.

“Kamu bisa memperoleh konsistensi tidur dengan mengatur jadwal tidur pada jam dan durasi yang sama setiap harinya,” katanya.

Selain itu, sebagai perangkat smart wearable, Galaxy Watch6 Series memiliki kemampuan untuk terhubung dengan perangkat-perangkat smart home yang terintegrasi di SmartThings.

Misalnya, kamu bisa menyambungkan perangkat untuk mengatur on/off lampu atau AC.

Bisa juga memanfaatkan konektivitas ekosistem antara Galaxy Watch6 Series dan smartphone Galaxy, seperti Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 untuk mengatur sleep routine di smartphone, agar notifikasi di aplikasi tertentu tidak mengganggu proses tidurmu.

Galaxy Watch6. [Samsung Electronics Indonesia]

“Dengan bantuan Galaxy Watch6 Series, kita dapat menciptakan rutinitas gaya hidup sehat yang mendukung perbaikan tidur kita,” tutup Vishal.

Galaxy Watch6 hadir dalam pilihan ukuran 40mm dengan warna Graphite dan Gold di harga Rp 3.999.000, serta ukuran 44mm di harga Rp 4.499.000 dengan warna Graphite dan Silver.

Ada pula pilhan desain jam tangan lebih premium dan tak lekang oleh waktu, Galaxy Watch6 Classic, yang memiliki rotating bezel.

Galaxy Watch6 Classic tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Black dan Silver, dengan ukuran 43mm pada harga Rp 5.499.000 dan 47mm pada harga Rp 5.999.000.