Amankan Pemilu 2024, Mabes Polri Kirim Pasukan Tambahan ke Papua

Berita557 views

Inionline.id – Mabes Polri bakal mengirim pasukan tambahan ke wilayah Papua untuk pengamanan Pemilu 2024.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan pihaknya belum bisa mengungkap jumlah personel yang akan menjadi Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua.

“Iya benar ada penambahan personel dari Mabes Polri dalam rangka pengamanan pemilu. Untuk jumlah masih dalam pengusulan. Belum bisa saya sampaikan,” kata Benny saat dikonfirmasi, Senin (28/8).

Benny menyebut para personel tambahan akan dikerahkan ke sejumlah daerah yang dinilai rawan terjadi konflik. Selain itu, personel ini akan ditempatkan di wilayah yang menjadi basis Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Yang jelas anggota dari Mabes akan ditempatkan di daerah rawan untuk membantu penebalan personel yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, Benny mengatakan saat ini pihaknya juga terus mengajak masyarakat setempat agar mendukung pelaksanaan upaya pemilu damai.

“Sosialisasi dan ajakan Pemilu Damai sudah dilakukan. Semoga Pemilu mendatang berjalan lancar tanpa ada gangguan,” katanya.

Sebelumnya Polda Papua menyebut terdapat 12 daerah kabupaten yang masuk dalam kategori rawan konflik selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kabupaten yang masuk dalam daftar rawan konflik antara lain Intan Jaya, Dogiyai, Deiyai, Puncak, Nduga, Lanny Jaya, Puncak Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, Tolikara, dan Yalimo,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri dalam keterangannya, Selasa (11/7).

Mathius mengaku telah meminta kepada pemerintah daerah, KPU, dan Bawaslu untuk mengantisipasi ancaman tersebut khususnya terkait penentuan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

“Saya ada minta kepada pemerintah daerah masing-masing termasuk lewat teman-teman KPU, Bawaslu. Kita untuk betul-betul nanti mengontrol nanti bagaimana DPT-nya,” katanya.