Alasan Presiden Jokowi Menunda Sematkan Tanda Kehormatan ke Presiden FIFA

Berita057 views

Inionline.id – Presiden Jokowi menunda penyematan tanda kehormatan Bintang Budaya Paramadharma untuk Presiden FIFA Gianni Infantino hari ini.

Jokowi mengatakan Gianni tak bisa datang ke istana hari ini. Menurutnya, tanda kehormatan akan diberikan saat Piala Dunia U-17 digelar di Jakarta.

“Gianni Infantino enggak bisa hadir. Nanti mungkin akan diberikan di bulan November,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8).

Jokowi mengatakan kriteria penerima tanda kehormatan ditentukan oleh Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan. Ia mengaku tak tahu proses penentuan hal tersebut.

Dia enggan berkomentar soal tanda kehormatan diberikan ke sejumlah orang dekatnya. Jokowi mempersilakan wartawan bertanya ke pihak yang memutuskan.

“Ya ditanyakan saja ke Dewan Gelar,” ujarnya tertawa.

Sebelumnya, Presiden Gianni Infantino masuk dalam daftar 18 penerima tanda kehormatan. Penyerahan tanda kehormatan itu dilakukan dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan ke-78 RI.

Gianni masuk dalam daftar penerima Bintang Budaya Paramadharma. Beberapa nama yang pernah menerima tanda kehormatan ini adalah W.S Rendra, Titiek Puspa, Bing Slamet, dan Benyamin Sueb.