160 Los Hangus Akibat Kebakaran Pasar Sadang Serang Bandung

Antar Daerah1357 views

Inionline.id – Kebakaran melanda Pasar Sadang Serang di Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (4/8) malam WIB. Penyebab pasti kebakaran sejauh ini masih belum diketahui.

Dari data Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, sebanyak 160 los di Pasar Sadang Serang terbakar dalam kejadian tersebut.

Menurut Kepala Diskar PB Kota Bandung Gungun Sumaryana, awal kebakaran diyakini muncul dari salah satu los, kemudian api membesar dan membakar los-los lainnya di pasar itu.

“Keseluruhan los ada 430 (unit). Total los yang terbakar 160 (unit),” ujar Gungun dalam keterangannya, Jumat (4/8).

Gugun menyebut sampai saat ini penyebab pasti kebakaran belum dapat diketahui. Total kerugian akibat kebakaran Pasar Sadang Serang juga belum bisa ditaksir.

Laporan kebakaran Pasar Sadang Serang sebelumnya diterima Komandan Regu Rescue Diskar PB Kota Bandung Totoy Yuhasmana sekitar pukul 18.23 WIB. Lalu, petugas pemadan kebakaran langsung menyisir ke pemukiman warga yang berada dekat dengan Pasar Sadang Serang.

Sejumlah unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) juga dikerahkan supaya api tidak merambat ke pemukiman warga.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 18.23 WIB dan petugas di lapangan langsung fokus melokalisir di area sisi timur dan barat yang merupakan pemukiman warga,” kata Totoy Yuhasmana.

Sebanyak 18 unit mobil damkar telah dikerahkan ke lokasi kejadian. Tapi, Tototy mengungkapkan, akses jalan cukup menyulitkan kendaraan pemadam untuk bisa sampai ke lokasi.

“Unit yang kami kerahkan total ada 18, disebar 2 unit ke semua arah. Hanya kendalanya, akses menuju ke sini, ketersediaan air dan masyarakat susah diimbau jadi kendala untuk kami mempercepat pemadaman api,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan, sampai pukul 19.40 WIB, petugas masih berjibaku memadamkan api Pasar Sadang Serang, Kota Bandung. Kobaran api tampak besar dan menghanguskan beberapa kios yang terletak di pasar itu.