Ribuan Rumah Warga di Sumbawa Terendam Banjir Imbas luapan air Sungai Kokat

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Ribuan rumah di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terendam banjir imbas luapan air Sungai Kokat.

Rumah warga terendam sejak Kamis lalu (6/7) setelah hujan lebat terjadi dari sore hingga malam hari.

“Banjir itu akibat luapan aliran sungai, sehingga merendam pemukiman masyarakat di Desa Emang Lestari dan Desa Sukamaju dengan ketinggian air 50 centimeter,” kata Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan mengutip Antara.

Eko mengatakan wilayah yang terdampak paling parah adalah Dusun Kalbir, Desa Emang Lestari. Ada 1.370 rumah warga yang terendam air dengan ketinggian 50 centimeter.

Banjir juga mengakibatkan 28 ton pupuk urea milik warga terendam. Stok sembako warga pun turut terendam banjir.

“SDN Kalbir juga terendam air,” kata Eko.

Dandim 1607/Sumbawa memerintahkan anggota menyiagakan Babinsa guna mengantisipasi segala kemungkinan yang akan timbul dari perubahan situasi.

Dia juga mengimbau masyarakat agar segera mengamankan barang barang berharga dan selalu tetap waspada karena saat ini curah hujan cukup tinggi.

“Kami melakukan koordinasi dengan BNPB Kabupaten Sumbawa terkait dengan siaga bencana, menyiapkan Posko tanggap darurat bencana alam yang akan ditempatkan di kantor Kecamatan Lunyuk,” kata Eko.