Resep Bumbu Rendang Daging yang Nikmat dan Empuk

Inionline.id – Setelah shalat ied, hari raya Idul Adha, pasti dilaksanakan kurban dan biasanya kamu masih punya stok daging sampai keesokan harinya. Daripada mubazir atau bosan mengolah daging dengan resep yang sama, cobalah memasak dengan resep bumbu rendang daging di bawah ini.

Masak daging sapi menjadi rendang hingga memiliki rasa autentik khas Minang membutuhkan keterampilan. Resep asli dari Minang membutuhkan 18 macam bumbu. Jika kamu tertarik untuk mencoba resep bumbu rendang daging dari Minang, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Bahan-bahan rendang daging

Bahan-bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk membuat rendang daging sapi nikmat autentik khas Minang adalah sebagai berikut:

  • Minimal siapkan 1 kg daging sapi atau kambing, potong sesuai selera. Kenapa harus satu kg? Supaya cukup untuk makan satu keluarga.
  • Untuk 1 kg sapi, siapkan 250 gram cabai merah, lalu digiling halus.
  • Siapkan 3,5 liter santan untuk memasak 1 kg daging. Biasanya bisa diperoleh dari 4 butir kelapa.

Bumbu basah rendang daging

Setelah memastikan bahan-bahan tersedia dan dalam keadaan baik, siapkan bumbu basah. Syarat utama untuk mendapatkan cita rasa autentik dari Minang adalah sebagai berikut:

– 2 ons bawang merah
– 2 ons lengkuas
– 1,5 ons jahe
– 1/2 siung bawang putih

Bumbu kering rendang daging

Tak hanya bumbu basah, harus ada bumbu kering dibawah ini untuk memastikan cita rasa yang didapatkan autentik rendang daging dari Minang.

1. 6 buah kelapa
2. 5 buah cengkih
3. 4 sendok teh garam
4. 2 buah pekak
5. 2 buah lada jawa
6. 1 buah pala
7. 1 ons ketumbar
8. 1/4 sendok teh merica
9. 1/4 sendok teh jintan
10. 1/4 sendok teh kayu manis bubuk
11. 1/4 sendok teh adas manis
12. 6 lembar daun jeruk
13. 4 lembar daun salam
14. 3 batang serai

Cara memasak

Setelah menyiapkan bumbu dan bahan utamanya, silahkan ikuti resep memasak rendang daging autentik dari Minang di bawah ini.

1. Langkah pertama, haluskan semua bumbu basah yang sudah disiapkan. Yang terbaik untuk menghaluskan bumbu basah adalah dengan ulekan. Setelah itu, sisihkan.

2. Langkah kedua, sangrai bahan-bahan kering, kalau sudah tercium aroma harum segera haluskan semua bahan kecuali pekak dan kapulaga. Sisihkan kedua bahan tersebut. Cara terbaik untuk menghaluskan bumbu adalah dengan ulekan. Cara manual ini dapat menciptakan cita rasa autentik yang berbeda dengan jika bumbu diblender. Kalau sudah selesai, sisihkan.

3. Selanjutnya haluskan daun jeruk dan daun salam. Sisihkan.

4. Langkah ketiga, panaskan dua sendok makan minyak goreng. Tumis bumbu basah dan bumbu daun dengan api sedang. Masak sampai tercium aroma harum. Setelah itu, tuang santan secara perlahan. Lanjutkan dengan memasak pakai api besar. Sesekali harus diaduk supaya santan tidak mengental.

5. Kalau kuah santan sudah mengental, tambahkan garam, kapulaga, pala halus, pekak, dan kapulaga. Masak dengan api kecil sambil diaduk rata. Di tengah-tengah proses ini, masukkan daun sama dan bumbu kering. Masak terus dengan api kecil sampai bumbu mengeluarkan minyak, setelah itu masukkan daging sapi.

6. Aduk-aduk terus sampai kuah santan meresap sempurna ke dalam daging, hingga yang terlihat di wajan adalah daging berwarna cokelat tua dengan aroma harum. Kalau sudah seperti itu, silahkan diangkat dan sajikan.