Presiden Jokowi Sebut Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Oktober 2023

Ekonomi557 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat akan beroperasi penuh pada Oktober 2023. Hal itu ditandai dengan beralihnya penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati.

“Dimulai bulan Oktober akan operasi penuh. Artinya, dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Jokowi saat meninjau fasilitas Bandara Kertanegara, Selasa (11/7).

Selain pesawat jet, Jokowi berharap perpindahan pesawat baling-baling maksimal berjalan setahun.

Jokowi mengaku senang dengan progres pemanfaatan Bandara Kertajati. Salah satunya keberhasilan bandara tersebut untuk embarkasi haji sekitar 8 ribu jemaah dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

“Saya juga senang karena Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan umrah hingga empat kali seminggu plus juga melayani penerbangan internasional dari Kuala lumpur ke Kertajati sebanyak dua kali per minggu,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi minat investor untuk ikut berinvestasi di Bandara Kertajati sangat besar dari beberapa negara. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan traffic penumpang di bandara.

“Kita harapkan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini plus dengan telah selesainya diresmikannya Tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih 1 jam ini juga akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati,” terangnya.