Polri Respons Bawaslu: Pemilu dan Pilkada 2024 Siap Kami Amankan

Berita057 views

Inionline.id – Mabes Polri memastikan siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan kepolisian akan menggelar Operasi Mantap Brata guna mengawal seluruh pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024.

Hal tersebut disampaikan Sandi merespons usulan opsi penundaan Pilkada 2024 yang dilontarkan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. Bagja beralasan khawatir terkait persiapan keamanan dalam pelaksanaan pilkada nanti.

“Kami Polri siap mengamankan penyelenggaraan dan tahapan Pemilu serentak 2024. Polri akan menggelar operasi kepolisian yang dinamakan Operasi Mantap Brata,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/7).

Sandi mengatakan dalam Operasi Mantap Brata tersebut, nantinya pihak kepolisian juga akan bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya mulai dari TNI hingga Pemda setempat.

Lebih lanjut, ia menuturkan saat ini Polri masih terus mempersiapkan rencana pengawalan agenda Pemilu 2024. Mulai dari pola pengamanan, jumlah personel yang dikerahkan, hingga anggaran pengamanan.

“Bahkan cara bertindak apabila ada potensi gangguan agar seluruh tahapan pemilu dapat berjalan aman dan lancar serta demokratis,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengusulkan agar ada pembahasan opsi penundaan Pilkada 2024. Bagja beralasan khawatir terkait persiapan keamanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Kalau sebelumnya, misalnya Pilkada di Makassar ada gangguan keamanan, maka bisa ada pengerahan dari Polres di sekitarnya, atau polisi dari provinsi lain. Kalau Pilkada 2024 tentu sulit, karena setiap daerah siaga yang menggelar pemilihan serupa,” ujar Rahmat.