KKJ – PKJB Resmi Dibuka

Antar Daerah557 views

KOTA BANDUNG, Inionline.id – Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) – Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) resmi dibuka untuk umum di area Gedung Sate Bandung, Jumat (7/7/2023).

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil, Sekretaris Daerah Setiawan Wangsaatmaja dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea, membuka  KKJ – KPJB.

Event yang akan berlangsung hingga Ahad (9/7/2023) merupakan kolaborasi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar dengan Pemdaprov Jabar dan Dekranasda Jabar.

KKJ – PKJB didukung bupati/wali kota, dekranasda dan dinas perindustrian dan perdagangan dari 27 kabupaten/kota, 46 perangkat daerah Pemdaprov Jabar, 120 pelaku usaha, 24 tenant Java Tea Festival, dan perbankan dan industri jasa keuangan. Ada sekitar 100 UMKM yang terlibat di event ini.

Menurut Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya,  KKJ – PKJB dapat memberikan akses ke pasar yang lebih luas bagi pelaku UMKM di sektor kriya atau kerajinan tangan.

Diharapkan ada investor yang berminat mengembangkan produk kriya dan memberi peluang UMKM naik kelas dan merambah pasar luar negeri. Pertemuan antara investor dan UMKM ini difasilitasi lewat bussines matching.

“Hari ini terasa begitu bergetar, karena di tempat ini kami menghadirkan berbagai produk-produk unggulan dari 27 kota/ kabupaten, bahwa kolaborasi luar biasa antara BI dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Dekranasda,” ujar Atalia.

Atalia mengapresiasi pengaplikasian metode pembayaran melalui QRIS dari setiap transaksi di seluruh tenan selama event ini berlangsung. Ini menandakan pembayaran digital semakin tumbuh subur di Jabar.

“Itu luar biasa (QRIS) sangat efektif dan cepat sekali. Jadi ini adalah upaya kita juga terkait dengan bagaimana ekonomi inklusi terus dihadirkan,” jelas Atalia.

Untuk lebih memasifkan pembayaran digital, KKJ – PKJB juga sosialisasi dan edukasi pembayaran digital kepada pengunjung.

KKJ – PKJB 2023 merupakan penyelenggaraan yang keempat kali bersama BI, terakhir di era kepemimpinan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum, dan pertama pascapandemi COVID-19.

Sehingga penyelenggaraan KKJ – PKJB kali ini bisa lebih meriah dibandingkan tiga tahun terakhir saat pandemi.

“Tahun ini kita bisa melakukannya di pelataran Gedung Sate dan ini hampir dari jalan di depan sampai ke belakang itu semua untuk mendorong kegiatan UMKM,” tambah Atalia.

Kepala Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea menyebutkan, KKJ – PKJB merupakan rangkaian menuju event Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta dalam waktu dekat.

Erwin berharap KKJ – PKJB dapat kembali menggelorakan semangat inovasi kreativitas untuk mendukung UMKM Jabar yang juara.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian dari ‘Road to KKI 2023’, yang sebentar lagi akan dilaksanakan di Jakarta dalam upaya kerja sama seluruh pihak, baik itu pemerintah, pengusaha, akademisi dan pelaku (usaha ekonomi kreatif),” sebut Erwin.

Menurutnya, KKJ – PKJB tahun ini lebih istimewa karena memiliki side event festival teh dari seluruh Jabar, yakni Java Tea Festival.

“Dengan kegiatan ini kita ingin menumbuhkembangkan teh sebagai sebuah produk UMKM dengan penguatan hilirisasi. Sehingga teh Jawa Barat dapat kembali muncul dan menjadi salah satu ikon,” jelas Erwin.

Sementara pada hari kedua event akan ada pawai kreatif dari perwakilan 27 kabupaten/kota yang dapat disaksikan pengunjung. Kemudian ada Dekranasda Award yang merupakan aspresiasi kepada dekranasda kab/kota hingga panggung hiburan yang diisi musisi Jabar dan nasional.