Ketimbang Cawapres PKB akan Tawarkan Erick Thohir Jadi Ketua Timses

Politik757 views

Inionline.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menawarkan posisi ketua tim pemenangan Pilpres 2024 ketimbang cawapres kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Pengurus DPP PKB Dita Indah Sari mengatakan tawaran itu bakal disampaikan jika Erick bertemu dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Kalau ada pertemuan nanti, ya pasti untuk menawarkan dengan hormat agar Pak Erick berkenan jadi ketua tim sukses pasangan Prabowo-Cak Imin,” kata Dita di Surabaya, Kamis (13/7).

Dia memastikan sejauh ini belum ada pertemuan antara Cak Imin dengan Erick Thohir. Pula, belum ada rencana pertemuan yang diagendakan dalam waktu dekat.

Dita menghormati sikap PAN yang menyodorkan Erick Thohir sebagai cawapres kepada Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang terdiri dari Gerindra dan PKB.

Akan tetapi, Dita menegaskan Erick bakal ditawarkan menjadi ketua tim pemenangan jika bertemu dengan Cak Imin nanti.

“Dengan profil Pak Erick dan background beliau, akan sangat membantu jika bersedia jadi ketua tim sukses. Kelihatannya itulah tawarannya. Namun untuk soal-soal lain, enggak ada, enggak kepikiran,” kata Dita.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Dewan Syura PKB Maman Imanul Haq juga mengatakan Prabowo Subianto membutuhkan sosok Cak Imin sebagai cawapres.

Menurut dia, Prabowo butuh tokoh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) demi meraih banyak suara di Jawa Timur.

Prabowo hanya bisa menang bila mengambil orang dengan ketokohan NU berbasis Jawa Timur dan itu Pak Muhaimin,” kata Maman di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/7).

Saat ini PKB dan Gerindra berada dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden yang akan didukung. Namun belum ada cawapres yang mereka tentukan.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) berusaha menawarkan Erick Thohir untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo. PAN Juga menyodorkan Erick ke PDIP untuk dijadikan cawapres Ganjar Pranowo.