Kemampuan Literasi Numerasi Anak Indonesia Disebut Bisa Meningkat Jika Hidup Bahagia

Pendidikan357 views

Inionline.id – Skor Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia terbilang rendah. Survei PISA oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menempatkan Indonesia di posisi ke-74 dari 79 negara.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, mengungkapkan OECD optimistis skor PISA siswa Indonesia masih bisa membaik. “Peluang ditingkatkan ini masih ada,” beber Fikri dalam RDPU Komisi X melalui kanal YouTube Komisi X dikutip Kamis, 6 Juli 2023.

Fikri menyebut OECD optimistis skor PISA siswa Indonesia berpeluang naik lantaran tingkat kebahagiaannya tinggi. Menurut OECD, kebahagiaan bisa meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

“Anak-anak Indonesia dinilai rendah literasi dan numerasinya tapi mereka berbahagia, ini diakui OECD. Jadi, ada peluang ditingkatkan karena mereka masih berbahagia,” tutur Fikri.

Saking bahagianya, kata Fikri, hal itu dapat mengaburkan fokus anak Indonesia. Hal ini menjadi tantangan membangun literasi dan numerasi anak Indonesia.

“Karena jangan-jangan mereka tidak tahu kalau literasinya rendah,” seloroh dia.