Jelang Kedatangan Presiden Jokowi, TNI Jamin Keamanan Papua Kondusif

Berita457 views

Inionline.id – Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan situasi keamanan di Papua kondusif. Meski demikian, aparat keamanan akan tetap bersiaga.

Presiden Jokowi bakal berkunjung ke Papua usai lawatan ke Australia dan Papua Nugini. Rencananya, Jokowi akan tiba di Papua pada 6 Juli mendatang.

“Namun untuk memberikan rasa aman, aparat keamanan tetap bersiaga,” ucap Izak, Senin (3/7).

Presiden Jokowi akan berkunjung ke beberapa kota yang ada di dua provinsi yaitu Papua dan Papua Selatan.

Izak menyebut Jokowi bakal mengunjungi Jayapura dan Arso di Provinsi Papua dan ke Agats di Provinsi Papua Selatan. Jokowi diagendakan melakukan panen jagung dan menyaksikan karnaval budaya dan pameran UMKM.

Terpisah, Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan Jokowi juga diagendakan meresmikan Bandara Ewer pada 6 Juli.

“Presiden akan meresmikan Bandara Dormon Ewer,” katanya.

Menurut Elisa Kambu, Bandara Dormon Ewer saat ini baru bisa didarati pesawat Wings Air dan ATR Trigana serta pesawat kecil seperti Caravan atau Pilatus.

Mengutip setkab.go.id, Jokowi saat ini melakukan lawatan kerja selama tiga hari di Australia dan Papua Nugini. Dimulai pada hari ini, Senin (3/7).

Di Australia, Jokowi akan melakukan rangkaian Indonesia-Australia Annual Leaders’ Meeting (ALM) Tahun 2023 dengan Perdana Menteri (PM) Anthony Albanese.

Jokowi juga akan bertemu dengan Gubernur Jenderal Australia dan para pebisnis atau CEO Australia yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia.

Pada 5 Juli, Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerja ke Port Moresby, Papua Nugini. Kunjungan ini adalah kunjungan balasan sekaligus memenuhi undangan PM James Marape.