ECKY: SUDAH FINAL PANCASILA DASAR NEGARA

Politik1057 views

Inionline.id – Anggota MPR RI Daerah Pemilihan (dapil) Jawa Barat III, H. Ecky Awal Mucharam (Kang Ecky) kembali menjalankan tugasnya sebagai Wakil Rakyat dengan melakukan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kepada konstituennya di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu. Menurutnya 4 pilar tersebut adalah tiang penyangga tegaknya bangsa Indonesia. Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa yang sudah final. Mengikat seluruh masyarakat dan pemerintahan negara untuk menaatinya. Maka tidak ada pilihan agar ia terus relevan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila harus menjadi pedoman yang memandu kebijakan negara dan tata kehidupan berbangsa,” ungkap Ecky

Menjadi insan Pancasila, kata Ecky, harus percaya diri dan jangan pernah inferior karena Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa yang berpikiran visioner. Sila-sila Pancasila dirangkum dari khasanah kebudayaan dan kearifan lokal bangsa Indonesia yang unggul, sehingga ia disebut sebagai puncak-puncak kebudayaan nasional.

Maka kita tidak perlu lagi meragukan sila-sila Pancasila. Pancasila telah final sebagai dasar negara dan falsafah bangsa. Kita terima ia sebagai simpul kebangsaan Indonesia. Tugas kita menjaga dan mengamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dan akhirnya Sosialisasi 4 Pilar ini harus betul-betul kita resapi dan tetap meneguhkan kecintaan kita terhadap Pancasila sebagai dasar bangsa Indonesia. Jika ada yang ingin merusak kedaulatan, maka wajib hukumnya kita lawan,” pungkasnya.