Berikut ini 20 Kota Pelajar Terbaik di Dunia Versi QS Best Student Cities 2024

Pendidikan457 views

Inionline.id – Sobat berencana melanjutkan studi di luar negeri? Ada baiknya sebelum menentukan perguruan tinggi yang dituju ketahui dulu kota-kota di dunia yang ramah terhadap pelajar.

Hal ini penting agar studi lancar dan tak terganggu hal-hal yang tidak diinginkan. Tahun ini, lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis QS Best Student Cities 2024.

London kembali menjadi kota terbaik di dunia untuk pelajar. Hal ini lantaran kota ini merupakan rumah bagi beberapa institusi akademik paling bergengsi di dunia, termasuk King’s College London dan University College London (UCL).

Berikut 20 kota pelajar terbaik di dunia versi QS Best Student Cities 2024:

  1. London: skor 100
  2. Tokyo: skor 98
  3. Seoul: skor 97,6
  4. Melbourne: skor 97.3
  5. Munich: skor 97.1
  6. Paris: skor 96.3
  7. Sydney: skor 96.2
  8. Berlin: skor 95
  9. Zurich: skor 95
  10. Boston: skor 92.3
  11. Toronto: skor 92.1
  12. Vienna: skor 91.1
  13. Montreal: skor 90.9
  14. Kyoto-Osaka-Kobe: skor 90.8
  15. Singapore: skor 90.7
  16. Edinburgh: skor 90.2
  17. New York: skor 89.6
  18. Vancouver: skor 88.7
  19. Lausanne: skor 87.5
  20. San Francisco: skor 87.4.

Pemeringkatan QS Best Student Cities menampilkan destinasi perkotaan terbaik bagi pelajar internasional. Hal ini berdasarkan beragam indikator yang dikelompokkan ke dalam enam kategori utama.

Syarat kota dapat masuk pemeringkatan ialah harus memiliki populasi lebih dari 250.000 jiwa dan menjadi rumah bagi setidaknya dua universitas yang masuk dalam QS World University Rankings® terbaru. Untuk metrik populasi, area metropolitan digunakan jika memungkinkan.

Adapun enam kategori utama yang digunakan dalam pemeringkatan, yakni pertama University rankings, kategori ini bertujuan mencerminkan kinerja kolektif universitas suatu kota di QS World University Rankings®.

Indikatornya mencerminkan daya tarik sejumlah besar universitas yang ditemukan di kota-kota besar serta memberikan pengakuan pada lokasi institusi elite dunia. Kedua, Student mix di mana kategori ini dirancang untuk melihat susunan mahasiswa di kota tersebut, baik secara keseluruhan maupun dari perspektif internasional.

Kota-kota dengan proporsi siswa yang lebih tinggi cenderung lebih siap dengan fasilitas yang dibutuhkan siswa. Sementara itu, daerah dengan jumlah siswa internasional yang tinggi kemungkinan besar lebih siap untuk menerima lebih banyak lagi.

Ketiga, Desirability mencerminkan keseluruhan keinginan dari masing-masing destinasi. Siswa mungkin mencari kota-kota menarik yang kaya akan peluang, siswa dan orang tua mereka juga cenderung mengkhawatirkan keamanan wilayah tersebut. Berbagai metrik dianggap mencerminkan persyaratan yang beragam ini.

Keempat, Employer activity, kategori ini bertujuan memberikan indikasi kota mana yang paling banyak dicari sebagai tempat perekrutan di kalangan pemberi kerja lulusan. Dua dari indikator yang dipertimbangkan didasarkan pada survei tahunan pemberi kerja QS di seluruh dunia, yang meminta perekrut mengidentifikasi institusi yang mereka yakini menghasilkan lulusan terbaik di sektor mereka.

Kelima, Affordability di mana pentingnya keterjangkauan bagi sebagian besar calon siswa dan keluarga mereka. Ini mengacu pada berbagai sumber untuk memberikan indikasi seberapa terjangkau sebuah kota, ketika biaya sekolah dan biaya hidup umum dipertimbangkan.

Keenam, Student voice di aman indikator ini berdasarkan pada survei siswa yang dijalankan setiap tahun. Ini memberi siswa kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka belajar di kota tertentu.

Nah, itulah 20 kota terbaik di dunia untuk pelajar. Apakah perguruan tinggi incaran mu ada di salah satu kota di atas?