UIN Jakarta Raih Juara Umum OASE PTKI II 2023

Pendidikan357 views

Inionline.id – UIN Jakarta berhasil menjadi juara umum ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam atau OASE PTKI II 2023. Perhelatan ini berlangsung sejak 8 Mei-16 Juni 2023.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan selamat atas keberhasilan kontingen UIN Jakarta.  “Dengan ini saya menyampaikan bahwa untuk juara umum Olimpiade Agama, Sains, dan Riset PTKI II 2023 adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” kata Wamen Zainut Tauhid saat membacakan hasil keputusan dewan juri pada penutupan OASE PTKI II 2023 di Auditorium Utama Harun Nasution, Jumat malam, 16 Juni 2023.

Wamen mengungkapkan, keputusan status juara umum UIN Jakarta didasarkan pada penilaian dewan juri yang dilakukan melalui mekanisme penilaian objektif, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kami ucapkan selamat kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ujar Wamen.

Dalam kesempatan itu, Zainut menyerahkan secara langsung piala bergilir kepada Rektor UIN Jakarta Asep Saepudin Jahar yang didampingi Warek Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Ali Munhanif.  Selain piala, diserahkan juga boneka ‘Si Bondol’ yang menjadi maskot perhelatan OASE PTKI kali ini.

Dalam sambutannya, Zainut Tauhid mengungkapkan, olimpiade ilmiah tingkat nasional ini diikuti tak kurang dari 2.381 orang peserta mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia. Total sebanyak 82 juri professional ditunjuk untuk melakukan penilaian kompetisi sejak babak penyisihan hingga final.

“Dan Alhamdulillah kegiatan ini dilaksanakan dengan kejujuran dan profesionalisme,” tambahnya.

Lebih jauh, Zainut menyampaikan apresiasi tinggi kepada para peserta OASE PTKI, panitia pelaksana, khususnya UIN Jakarta yang dinilai telah cukup berhasil melaksanakan perhelatan dengan persiapan sangat singkat.

“Selaku Wamen, saya berharap agar kegiatan ini menjadi ajang meningkatkan kemampuan mahasiswa dan memotivasi para dosen, mahasiswa, dan sivitas perguruan tinggi keagaman Islam,” tambahnya.

Atas prestasi yang berhasil dicatatkan kontingen UIN Jakarta, Asep Jahar menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh kontingen yang telah berkompetisi secara optimal sehingga meraih status juara umum. “Alhamdulillah, terima kasih dan ucapan selamat saya sampaikan kepada seluruh kontingen UIN Jakarta atas prestasi ini,” katanya.

Pada kesempatan sebelumnya, Asep menilai, penyelenggaraan OASE PTKI menjadi hal relevan dalam menumbuhkan tradisi riset dan inovasi yang kuat di bidang keislaman, sains dan riset mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, terutama UIN Jakarta.  ”Ajang kompetisi ini dapat meningkatkan semangat adik-adik mahasiswa untuk terus mengembangkan keilmuannya,” sebutnya.

Rektor Asep Jahar menambahkan, hasil ajang OASE PTKI II 2023 diharapkan terus mengembangkan tradisi keilmuan berbasis keagamaan, sains, dan riset di lingkungan PTKI. “Hasil dari olimpiade ini diharapkan dapat terus mendorong semangat dan reputasi PTKI dalam mengembangkan ilmunya, baik ilmu yang berbasis keagamaan, sains, dan teknologi,” lanjutnya.

Selain itu, kegiatan OASE juga diharap terus mendongkrak reputasi PTKI dalam pengembangan keilmuan berbasis keagamaan, sains, dan teknologi di tataran global. “Diharapkan ke depan reputasi dan rekognisi PTKI di Indonesia dan di dunia,” terangnya.

OASE PTKI II 2023 kali ini diselenggarakan di UIN Jakarta setelah dua tahun yang lalu digelar di UIN Ar-Raniry Aceh. Bertema Generasi Inovatif dan Moderat Bergerak Bersama Mewujudkan SDGs” (“Building Moderate and Innovative Generation to Reach Out Sustainable Development Goals”). OASE kali ini mengkompetisikan 25 cabang lomba.

Ke-25 cabang lomba itu antara lain lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Literasi Inovasi Teknologi, Nano Teknologi dan Kesehatan, produk Halal dan Ketahanan Pangan, dan lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan. Selanjutnya, Lomba Sosial Keagamaan, lomba Media Pembelajaran, Lomba Desain Arsitektur Islam, Lomba Astronomi/Ilmu Falak, dan lomba Robotik dan Programming.

Lalu, lomba karya Tulis al-Quran, lomba Business Plan, Lomba Debat Bahasa Inggris, lomba debat bahasa Arab, dan lomba Debat Konstitusi. Selanjutnya, lomba Qiraatul Kutub Putra, Qiraatul Kutub Putri, lomba fahmil Quran, lomba Story Telling, lomba Da’i Putra, lomba Da’i putri, dan lomba Psikologi.