Tingkatkan Keandalan, PLN Pasang Pelindung Jaringan dan Lakukan Tebang Tuntas

Antar Daerah257 views

Cileungsi, Inionline.id – PLN UP3 Gunung Putri melakukan kegiatan Gempur Konstruksi (G-Kon) di wilayah kerja PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Jonggol pada Rabu (31/5). Gempur Konstruksi merupakan pekerjaan pemeliharaan jaringan yang dilakukan oleh tim gabungan petugas teknik. Pekerjaan difokuskan pada pemasangan pelindung jaringan dan tebang tuntas pohon serta dahan pohon yang mengganggu keamanan dan kehandalan aliran listrik.

G-Kon dilaksanakan di Kampung Haur Kuning Desa Jonggol, Kampung Cijengkol Desa Sukamanah dan Kampung Ciledug Desa Sirnagalih Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Pekerjaan dilaksanakan oleh tim gabungan petugas teknik ULP Cileungsi, ULP Citeureup, ULP Jonggol dan Tim PDKB UP3 Gunung Putri. Tim terdiri dari tim khusus tebang yang bertugas melakukan pengamanan jaringan SUTM dari pohon di dan Tim Hartek (Pemeliharaan Teknik) yang melaksanakan perbaikan konstruksi gardu dan jaringan serta Tim PDKB yang melaksanakan pekerjaan pemasangan proteksi/pelindung Jaringan Tegangan Menengah (JTM). Pemeliharaan ini dilaksanakan sebagai langkah preventif dalam menjaga kehandalan aliran listrik ke 7.650 pelanggan yang berada di wilayah tersebut.

Manager UP3 Gunung Putri, Rully Indra Ardyan, menyampaikan bahwa Gempur Konstruksi merupakan kegiatan rutin di PLN UP3 Gunung Putri dalam pemeliharaan Jaringan listrik untuk meningkatan keandalan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin pemeliharaan jaringan listrik dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, hari ini dilaksanakan di ULP Jonggol. Untuk menjaga keselamatan petugas, instalasi dan masyarakat sekitar aliran listrik untuk sementara dipadamkan, dan kami mohon maaf untuk ketidaknyamanannya,” ujar Rully.

Rully menjelaskan, bahwa pemeliharaan jaringan listrik PLN ada 2 metode yaitu pemeliharaan yang memerlukan pemutusan pasokan listrik (padam) dan pemeliharaan tanpa padam. Pemeliharaan padam dilakukan untuk menjaga keselamatan petugas PLN, instalasi PLN dan masyarakat sekitar. Agar pekerjaan pemeliharaan yang memerlukan pemutusan listrik dipersingkat, maka PLN melakukan pemeliharaan gabungan melalui G-Kon.

Sementara itu pada kesempatan berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan PLN terus menjaga keandalan pasokan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sesuai dengan transformasi PLN yaitu customer focused. Upaya lain yang dilakukan PLN adalah dengan meluncurkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh pelanggan untuk memperoleh segala informasi terkait kelistrikan.