Tarif Transjakarta dan MRT Rp1 Besok di HUT ke-496 DKI

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan tarif transportasi umum seperti Transjakarta, MRT hingga LRT turun menjadi Rp1 pada 22 Juni 2023.

Penurunan tarif itu bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta. Syafrin menyebut tarif Rp1 itu mulai berlaku pukul 00.00 sampai 23.59 WIB.

“Naik Transjakarta, MRT, dan LRT Itu nol rupiah atau gratis atau sesuai dengan koordinasi dengan bank, pencatatannya 1 rupiah,” kata Syafrin di Jakarta, Rabu (21/6).

Syafrin mengaku pihaknya juga akan melakukan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kemacetan. Dia menyebut akan mengintegrasikan kendaraan umum.

Selain itu, Dishub juga akan melakukan manajemen rekayasa lalin. Syafrin mengatakan ada 32 penutupan putaran.

“Kemudian ada 7 ruas jalan yang sudah kita lakukan sistem satu arah dan juga dilakukan sistem optimalisasi lampu lalu lintas 20 simpang yang sudah kita optimalisasi,” ujarnya.

“Ditambah lagi dengan perbaikan geometrik simpang dan juga saat ini kita operasionalkan intelegen transporsistem jadi sekarang sudah ada 20 simpang yang menerapkan EI untuk pengaturan lalu lintas,” imbuhnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga mengaku telah menyiapkan sejumlah hal yang berkaitan dengan HUT DKI. Ia juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait.

Terkait antisipasi kemacetan, Heru menyebut akan ada penambahan rute transportasi umum.

“Ya kecametan jangka panjang ya. LRT kita teruskan, ada KCI, ada penambahan rute,” ujar Heru.