Spanyol Akhiri 11 Tahun Puasa Gelar Setelah Berhasil Menjuarai UEFA Nations League

Inionline.id – Spanyol mengakhiri puasa gelar usai menjadi juara UEFA Nations League 2022/2023. La Furia Roja mengakhiri puasa gelar selama 11 tahun.

Spanyol berhasil menjadi juara UEFA Nations League 2022/2023. La Furia Roja mengalahkan Kroasia di final 5-4 melalui babak adu penalti dalam laga yang digelar di De Kuip, Roterdam, Belanda, Senin (19/6).

Laga harus ditentukan lewat babak tos-tosan setelah tanpa gol hingga perpanjangan waktu tuntas.

Pada babak adu penalti, dua penendang Kroasia, Lovro Majer dan Bruno Petkovic gagal menjalankan tugasnya. Sementara di kubu Spanyol, hanya Aymeric Laporte yang tak mampu mencetak gol dari titik putih.

Keberhasilan Spanyol meraih gelar UEFA Nations League ini sekaligus mengakhiri dahaga puasa gelar salam 11 tahun. Pasalnya, terakhir kali Tim Matador juara adalah saat menjuarai Piala Eropa 2012.

Era tersebut memang menjadi masa-masa terbaik Spanyol. Mereka juga sempat menjuarai Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Namun setelah itu, regenerasi Spanyol tak terlalu baik sejalan dengan prestasi mereka yang menurun. Prestasi terbaik Spanyol saat puasa gelar adalah semifinalis Piala Eropa 2020 dan runner up UEFA Nations 2021.

Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, yakin timnya masih akan terus lapar gelar meski telah mampu kembali juara. Ia berharap gelar ini jadi suntikan semangat untuk anak asuhannya menghadapi ajang-ajang beriktunya.

“Gen kompetitif itu membuat Anda ingin memenangkan trofi. Saya memiliki kepercayaan pada skuat. Saya telah melihat mereka naik pangkat dan saya tahu mereka lapar dan akan tetap lapar untuk maju. Saya senang untuk para penggemar kami, yang telah menunjukkan dukungan tanpa syarat. Saya hanya berharap kami mendapatkan semangat kemenangan ke depan dan merasa bangga mewakili negara ini,” ujar De La Fuente dikutip dari UEFA.