Siap Kerja Sama Bidang Kesehatan dengan Ankara University, UI Tambah Mitra di Turki

Pendidikan757 views

Inionline.id – Universitas Indonesia (UI) memperkuat jalinan diplomatik dan kolaborasi yang telah berjalan antara UI dan Turki di bidang pendidikan. UI menjajaki kerja sama dengan Ankara University di bidang kesehatan

Delegasi Turki berkunjung ke UI dan disambut Sekretaris Universitas UI, Agustin Kusumayati. Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia, Talip Ku?c?u?kcan, menyebut pendidikan menjadi kunci kolaborasi dua negara, mengingat hubungan antara Indonesia dan Turki telah berjalan lama.

“Pendidikan dalam hal ini meliputi teknologi dan exchange mobility. Dua hal ini dapat memperkuat hubungan yang sebelumnya terjalin berkat adanya kesamaan latar belakang kedua negara,” ujar Talip dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Juni 2023,

Agustin mengungkapkan saat ini UI sedang menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Turki. Beberapa di antaranya, yakni Karabuk University, Cankiri Karatekin University, Bolu Abant Izzet Baysal University, Cukurova University, Koc University, Turkish Maarif Foundation, Yildiz Technical University, Zonguldak Bulent Ecevit, dan Medipol University.

“Kerja sama yang telah dilakukan berbentuk student mobility dan student and staff exchange. Dengan adanya kunjungan ini, UI berharap bisa memperluas kerja sama yang ada dan menambah mitra baru dari Turki,” tutur Agustin.

Perluasan kerja sama ini salah satunya dengan menggandeng mitra Ankara University. Rektor Ankara University, Necdet U?nu?var, menyebut UI merupakan target Ankara University dalam membangun kerja sama di bidang akademik dan diplomasi bilateral.

“Turki memiliki beberapa research center terkait pusat kajian Asia Pasifik. Ke depan, research center terkait hubungan Turki–Indonesia semoga dapat didirikan di UI karena UI merupakan calon terbaik untuk mendirikan research center tersebut,” kata Necdet.

Ankara University mengundang UI untuk menjalin kerja sama, khususnya di bidang kedokteran atau kesehatan. Ankara University memiliki Fakultas Kedokteran tertua di Turki sejak 1946 yang telah berkontribusi pada penelitian medis, salah satunya penelitian vaksin covid-19.

Potensi kolaborasi kesehatan ini dapat dikembangkan bersama Fakultas Kedokteran (FK) UI dan Rumah Sakit UI, melalui exchange/mobility program yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dokter, dan perawat.

Mahasiswa atau dosen UI yang tertarik dengan bahasa Turki juga dapat mempelajarinya di Yunus Emre Enstitüsü, Pusat Kebudayaan Turki. Kerja sama riset dapat dikembangkan dengan Fakultas Teknik UI melalui Program Studi Teknik Komputer, Teknik Elektro, dan Teknik Sistem Energi.

Mahasiswa Turki lulusan program sarjana juga dapat melakukan penelitian mengenai Indonesia dan Kawasan Asia Tenggara, serta visiting scholar dan visiting research, melalui program yang dibuka oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI.