Pada Juli 2023 Transjakarta Akan Uji Coba Angkutan Umum Bogor-Jakarta

Berita557 views

Inionline.id – Pada Juli 2023 PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan uji coba layanan angkutan umum untuk melayani mobilitas masyarakat dari Bogor ke Jakarta dan sebaliknya.

Rencana layanan integrasi ini adalah bus Transpakuan akan mengantarkan penumpang dari Bogor ke Cibubur. Di Cibubur, bus Transjakarta akan mengangkut penumpang ke Jakarta.

“Masih lanjut pembahasan, mungkin Juli lah nanti kita bisa uji coba dulu, jadi nanti pasti enggak langsung. Nanti kita akan lihat responnya seperti apa,” kata Direktur Utama Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/6).

Ia mengatakan pembahasan itu meliputi tarif, unit bus yang digunakan, titik berangkat di Bogor hingga skema bisnis.

“Salah satu pesannya itu adalah tidak boleh membebani keuangan perusahaan ataupun keuangan Pemprov, jadi ini yang sedang kita coba cari solusi yang baik itu seperti apa,” kata dia.

Kerja sama TransJakarta-Transpakuan sebelumnya telah tertuang dalam “Momerandum of Understanding” (MoU) yang ditandatangani Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Transportasi Pakuan Kota Bogor dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI pada Kamis (11/5).

“Salah satu MOU itu kan sebenarnya pembentukan tim bersama jadi ada tim dari TJ ada tim dari Bogor, ini yang lagi duduk bareng,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/5).

Keduanya membahas kerja sama transportasi untuk mobilitas warga Bogor-Jakarta.

“Ada beberapa hal yang kami bahas terkait dengan transportasi. Kami sudah berdiskusi jika ada kepadatan (lalu lintas) di Bogor, maka akan difasilitasi untuk bisa masuk ke Jakarta menggunakan bus Transjakarta,” kata Heru dalam keterangan tertulis, Kamis.