Ini 6 Hal yang Bisa Jadi Penanda Adanya Kutu Rambut di Kepalamu

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kutu rambut merupakan salah satu masalah yang bisa dialami siapa saja. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, kutu rambut ini merupakan masalah yang sangat menganggu.

Ketika kamu memiliki kutu rambut di kepala, terdapat sejumlah gangguan yang bakal kamu alami dalam kegiatan sehari-hari. Masalah kutu rambut ini juga sering kali identik dan mirip dengan munculnya ketombe.

Walau terdapat kemiripan antara kutu rambut dan ketombe, namun terdapat perbedaan antara kedua hal ini. Terdapat sejumlah penanda yang muncul ketika kamu memiliki kutu rambut di kepala.

Kutu rambut biasanya memiliki ukuran sekitar tiga milimeter dan menyebalkannya menyedot darah manusia. Kutu rambut ini tidak dapat terbang atau melompat sehingga berbeda dengan kutu-kutu lain.

Kutu rambut biasanya menyebar melalui kontak dari kepala ke kepala. Selain itu, penyebarannya juga biasanya dilakukan melalui barang-barang seseorang seperti pakaian atau sisir.

Kutu ini biasanya berada di kulit kepala, namun tak menutup kemungkinan bisa berada di alis atau bulu mata juga. Walau tak menyebarkan penyakit, namun masalah ini bisa sangat mengganggu dan tak menyenangkan.

Terdapat sejumlah tanda yang biasa muncul ketika kamu memiliki kutu rambut di kepala. Dilansir dari Prevention, berikut sejumlah tanda yang bisa ditunjukkan ketika kamu memiliki kutu rambut di kepalamu.

Rasa Gatal yang Intens

Munculnya rasa gatal pada sejumlah bagian kepala merupakan tanda umum adanya kutu rambut.

“Rasa gatal ini disebabkan oleh iritasi kulit dan kulit kepala karena air liur kutu,” terang Patricia Garcia, MD, dokter anak Connecticut Childrens Medical Center.

Ketika kutu rambut mulai muncul di kepala, rasa gatal tidak serta merta langsung muncul. Butuh waktu beberapa hari sebelum mulai muncul rasa gatal di kepala ini.

Rasa Menggelitik di Kulit Kepala

Walau tak dialami semua orang, namun beberapa bisa merasa ketika kutu rambut bergerak. Pada beberapa orang, muncul perasaan menggelitik ketika kutu bergerak.

Titik Putih di Rambut

Pada orang yang memiliki kutu rambut, sebelumnya bakal muncul telur kutu pada rambut.

“Terkadang, hal ini menyerupai ketombe,” jelas Ashanti Woods, MD, dokter anak di Baltimores Mercy Medical Center.

Hanya saja berbeda dengan ketombe yang mudah dihilangkan dari rambut, telur kutu sulit dihilangkan dari rambut secara langsung. Bentuknya juga cukup berbeda karena menyerupai beras walau dalam ukuran yang lebih kecil.

Bintik Merah di Kulit Kepala

Rasa gatal di kulit kepala disebabkan dari air liur kutu yang masuk ke dalam kulit kepala ketika menggigit. Hal ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan bintik merah atau benjolan di kepala. Karena benjolan ini tersembunyi di bawah rambut, jadi bisa cukup sukar untuk ditemukan.

Iritasi

Rasa gatal yang disebabkan karena gigitan kutu bisa berujung iritasi kulit kepala. Pasalnya, rasa gatal yang muncul ini membuat seseorang ingin menggaruknya secara terus-menerus. Hal ini bisa menyebabkan munculnya iritasi kulit seperti kemerahan dan bahkan luka.

Sulit Tidur

Kutu rambut cenderung menjadi lebih aktif di malam hari. Pada saat tersebut mereka cenderung untuk makan dan bergerak dalam jumlah banyak. Aktifnya kutu pada malam hari ini bisa membuat seseorang terbangung dan sulit memperoleh tidur yang berkualitas.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi tanda adanya kutu rambut di kulit kepalamu. Untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut selalu perhatikan kesehatan rambut serta gunakan obat untuk menghilangkan masalah kutu rambut ini.