Ini 6 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memanfaatkan Susu Basi

Kesehatan457 views

Inionline.id – Ketika sudah lewat batas waktu penyimpanannya, susu yang kamu miliki bakal berubah warna dan rasa atau menjadi basi. Selanjutnya, susu yang basi ini berubah menjadi berlendir dan teksturnya menjadi kental.

Perubahan susu menjadi basi ini disebabkan karena bakteri di dalamnya, temperatur, penyimpanan, dan paparan cahaya. Mengonsumsi susu basi sendiri bisa menyebabkan masalah kesehatan pada pencernaan yang berujung pada mual, muntah, dan diare.

Walau begitu, mengonsumsi susu basi ini tidak akan berujung membahayakan nyawa terutama jika dalam jumlah sedikit. Walau begitu masih bakal ada masalah kesehatan yang muncul.

Kendati sudah basi, bukan berarti susu ini sudah tidak berguna sama sekali. Masih terdapat sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan susu basi ini.

Dicampur dengan Adonan

Untuk digunakan dalam adonan, susu basi bisa jadi digunakan sebagai pengganti susu segar. Campuran adonan ini bisa menutupi rasa dari susu basi.

Susu basi ini bisa jadi pengganti dari sour cream, yogurt, dan buttermilk. Susu basi bisa jadi bahan pengganti pada adonan scone, biskuit, pastry, dan cornbread.

Mengentalkan Sup

Mencampur susu walau hanya sedikit bisa membuat makanan berkuah menjadi lebih kental dan kaya rasa. Susu ini bisa dicampur ketika memasak sup, stew, atau kaserol.

Mengempukkan Daging

Kondisi susu yang menjadi asam bisa membantu membuat daging menjadi lebih empuk. Sebelum memasak, rendam daging atau ikan di susu basi sebelum dimarinasi.

Pembuat Keju

Untuk membuat keju, susu basi bisa menjadi bahan tambahan maupun bahan utama. Pada jenis keju tertentu, susu basi dapat digunakan sebagai bahan baku.

Memberi Kalsium pada Tanaman

Sejumlah tumbuhan yang kamu pelihara terutama tomat membutuhkan kalsium. Hal ini bisa kamu peroleh dengan mencampur susu basi dengan air lalu kemudian kamu tuang ke dalam tanah dan tanaman.

Dressing Salad

Sebagai pengganti dari sour cream, susu basi bisa digunakan sebagai alternatif. Dressing salad seperti ini cenderung memiliki rasa yang kaya seperti blue cheese.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan susu yang sudah basi. Lakukan sejumlah hal tersebut agar susu basi yang kamu miliki tak terbuang percuma.