Ini 6 Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau

Inionline.id – Saat ini, umat Islam tengah merayakan Idul Adha 1444 H/2023. Idul Adha sangat khas dengan momen bagi-bagi daging kambing dan sapi kurban. Kalau Anda, biasanya membuat olahan apa saja? Bagaimana cara masak daging kambing agar tidak bau?

Supaya tidak berbau prengus, daging kambing perlu diolah dengan benar lho. Hal ini supaya bau prengus daging kambing, tidak mengganggu cita rasa masakan. Cara masak daging kambing agar tidak bau sebenarnya ada beberapa langkah.

Aroma prengus daging kambing biasanya dipengaruhi oleh sifat alami kambing dalam memproses sumber makanannya seperti jerami atau rumput liar. Selain itu, usia kambing saat disembelih juga bisa memengaruhi bau prengus dari daging kambing.

Lantas, bagaimana cara masak daging kambing agar tidak bau? Simak tips dan triknya di bawah ini!

Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau

Berikut ini adalah cara mengolah kambing agar tidak bau prengus. Bahan-bahannya pun cukup mudah untuk didapatkan. Yuk simak!

1. Daging kambing sebaiknya jangan dicuci

Kamu tidak perlu mencuci daging sebelum mengolahnya sebagai masakan. Hal ini penting, karena mencuci daging kambing justru akan membuat bau prengus dari kambing semakin kuat.

2. Buang lemak daging kambing

Tanpa mencucinya, Anda dapat membersihkan daging kambing dengan membuang lemak yang berbentuk gumpalan tebal.

Supaya lebih mudah membuang lemaknya, Anda bisa masukkan daging kambing ke dalam frezeer terlebih dahulu. Cara ini berguna untuk memudahkan proses membuang lemak yang menempel pada daging.

3. Taburi daging menggunakan garam

Supaya daging tidak bau, Anda dapat melumuri permukaan daging dengan garam lalu didiamkan selama 60 menit agar garam dapat meresap dan menetralkan bau darah kambing yang menempel. Kemudian Anda bisa membersihkan daging kambing dengan air dingin sebelum lanjut memasak.

4. Lumuri daging dengan perasan jeruk nipis

Cara lain untuk menghilangkan bau pada daging kambing adalah melumuri daging dengan air jeruk nipis atau air jeruk limau. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melumuri permukaan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 30-60 menit.

5. Marinasi daging dengan parutan nanas

Selain keempat cara di atas, Anda juga bisa mendiamkan daging kambing dengan memarinasinya menggunakan nanas. Masukkan potongan daging kambing ke dalam parutan nanas, dan setelah itu diamkan selama 10 menit hingga 30 menit, pastikan semua daging bisa terendam.

6. Daging direbus menggunakan air mendidih

Jika Anda ingin mengolah daging kambing menjadi sup, pastikan Anda merebusnya dua kali. Pertama, Anda perlu merebus daging kambing dalam air mendidih bersama aneka rempah seperti daun pandan, salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas untuk menutupi aroma prengusnya.

Setelah buih keabu-abuan terlihat di permukaan air rebusan, segera matikan api dan tiriskan daging kambing lalu buang air rebusannya. Setelah itu, silakan rebus kembali untuk kedua kalinya dalam air dingin.

Itulah cara masak daging kambing agar tidak bau yang perlu Anda ketahui. Anda bisa langsung praktik sekarang dan memasaknya menjadi gulai, tongseng atapun tengkleng.