Gibran Bagikan Motor Listrik ke 54 Lurah di Wiliayah Solo

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas untuk pejabatnya. Kendaraan berupa sepeda motor listrik United E-Motor T1800 tersebut dibagikan kepada 54 lurah dan lima sekretaris kecamatan (sekcam) di wilayah Solo.

Penggunaan sepeda motor listruk untuk kendaraan dinas tersebut diklaim sebagai yang pertama kalinya di Indonesia.

“Bupati-bupati sekitar pakai N-Max merah, kalau saya listrik,” katanya saat ditemui di Loji Gandrung, Senin (12/6).

Gibran memilih sepeda motor listrik untuk kendaraan dinas lurah dan sekcam karena memiliki berbagai keunggulan. Selain lebih murah, motor listrik dianggap lebih nyaman dan ramah lingkungan dibanding motor bahan bakar minyak.

“Lebih murah daripada N-Max, lebih nyaman, lebih ramah lingkungan,” kata Gibran.

Pemkot Solo memang sudah lama tidak memperbarui kendaraan dinas bagi pegawai-pegawainya. Menurut Gibran armada kendaraan dinas di lingkungan Pemkot Solo perlu diperbarui.

Ia berkomitmen untuk mulai beralih menggunakan kendaraan listrik di lingkungan Pemkot Solo. Hanya saja, transisi tersebut akan dilakukan bertahap mengingat keterbatasan anggaran Pemkot Solo.

“Ke depan kan semuanya harus listrik. Kita mulai dari lurah dan sekcam dulu,” katanya.

“Suk mben nek ono rejeki (lain kali kalau ada rezeki), kepala-kepala dinas. Bertahap,” katanya.

Gibran sendiri hingga saat ini masih menggunakan Kijang Innova putih peninggalan Wali Kota sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo. Ia mengaku belum berencana mengganti mobil dinasnya tersebut dengan yang baru.

Pasalnya, Gibran masih menunggu Hyundai mengeluarkan Ioniq 5 edisi batik hasil kerja sama dengan Kota Solo. Rencananya, mobil listrik tersebut akan dirilis Agustus mendatang.

“Walikotane nunggu sing batik ya (Wali kotanya nunggu yang batik ya). Yo tuku sik no (Nanti beli dulu),” katanya.

Sebelumnya, Pemkot Solo membagikan 61 sepeda motor listrik merek United E-Motor T1800, Rabu (7/6). Kendaraan warna hitam tersebhut dibagikan kepada 54 lurah dan 5 sekcam di wilayah Solo.

Dibekali motor 1.800 Watt dan kapasitas baterai Lithium Ion 60V 28Ah, T1800 memiliki kecepatan maksimal 70 km/jam. Jarak tempunya mencapai 60 km dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam pada mode normal.