Dipastikan Kemendikbudristek Kuota BPI Akan Terus Diperbanyak

Pendidikan1457 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melanjutkan program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) pada 2023. Kuota penerima BPI bakal terus ditingkatkan.

“Kuota itu basisnya anggaran. Dan itu selalu berkembang. Jadi beasiswa akan semakin banyak,” kata Kepala Balai Pembiyaan Pendidikan Tinggi, Anton Rahmadi, dalam Silaturahmi Merdeka Belajar: Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia di YouTube Kemendikbud RI, Kamis, 22 Juni 2023.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut dari tahun ke tahun penerima BPI terus meningkat. “Jumlah penerima BPI dari tahun ke tahun meningkat, pada 2021 lebih dari 2.000 penerima beasiswa,” kata Nadiem.

Sementara itu, pada 2022 jumlah penerima beasiswa naik menjadi dua kali lipat atau menjadi 4.000 penerima.  Nadiem mengungkapkan penerima BPI datang dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar hingga pelaku budaya.

“Ada guru, dosen, calon guru dan calon dosen, pelaku budaya, pelajar berprestasi mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di kampus unggulan di dalam maupun luar negeri,” tutur dia.