Berikut ini Cara Mencairkan Daging Beku dari Freezer yang Aman dan Higenis

Inionline.id – Ada banyak metode untuk mencairkan daging, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sebuah organisasi yang memberikan panduan tentang keamanan pangan, menyatakan suhu “zona bahaya” untuk daging dibekukan adalah empat puluh derajat Fahrenheit hingga 140 derajat Fahrenheit.

Ini berarti daging mentah antara suhu tersebut untuk jangka waktu yang lama dapat menumbuhkan bakteri berbahaya, yang menyebabkan keracunan makanan atau penyakit bawaan makanan lainnya, sehingga lebih baik segera dimasak. Lantas, bagaimana cara mencairkan daging beku di freezer?

Metode pencairan daging bervariasi dalam hal berapa banyak waktu yang dibutuhkan dan seberapa aman daging untuk dikonsumsi. Hal ini penting untuk diperhatikan karena keamanan makanan sangat penting untuk memastikan bahwa daging masih aman untuk dikonsumsi. Berhati-hatilah untuk selalu membatasi suhu dalam kisaran zona bahaya empat puluh derajat Fahrenheit hingga 140 derajat Fahrenheit.

Berikut adalah enam cara mencairkan daging beku dari freezer berdasarkan keterangan dari masterclass.com:

1. Mencairkannya di kulkas

Selama kulkas berfungsi dengan baik, kita bisa mencairkan daging beku dari freezer dengan menurunkan suhu freezer di kulkas. Perhatikan bahwa daging mencair dengan lambat, terutama untuk potongan daging yang lebih besar seperti kalkun utuh, ayam utuh, atau daging panggang besar. Total waktu pencairan untuk metode pencairan ini bisa sepuluh jam hingga empat puluh delapan jam atau lebih.

2. Menggunakan air dingin

Menggunakan air dingin untuk mencairkan daging beku merupakan metode paling aman. Isi mangkuk besar dengan air keran dingin. Dengan daging masih dalam kemasan aslinya atau jenis kemasan anti bocor lainnya, rendam kemasan ke dalam air dingin. Gunakan piring atau benda berat lainnya untuk membebani daging supaya bisa terendam sepenuhnya.

Pencairan dengan air dingin bekerja lebih baik untuk beberapa potongan daging daripada yang lain. Gunakan metode ini untuk mencairkan daging beku seperti dada ayam tanpa tulang, daging babi, daging giling, atau paket kecil daging tanpa tulang lainnya.

3. Mencairkan daging beku dengan suhu kamar

Suhu kamar umumnya antara enam puluh delapan derajat Fahrenheit dan tujuh puluh tujuh derajat Fahrenheit. Cara mencairkan daging beku dari freezer dengan suhu kamar sangat mudah, letakkan saja daging di ruangan terbuka dengan suhu kamar sampai es batu mencair. Kalau sudah, tinggal diproses ke tahap masak.

4. Dicairkan dengan cara ditumbuk

Semakin tipis daging, semakin cepat es akan mencair. Keluarkan balok daging giling dari kemasan aslinya dan letakkan di antara dua lembar kertas roti atau di dalam kantong plastik. Letakkan daging di talenan atau meja. Dengan rolling pin, tumbuk daging menjadi persegi atau persegi panjang yang lebih tipis.

5. Dicairkan menggunakan microwave 

Kalau terburu-buru, kita dapat mencairkan daging beku menggunakan microwave pada pengaturan defrost. Microwave dapat mencairkan makanan dengan cukup cepat sehingga daging tidak akan berlama-lama di zona bahaya yang memungkinkan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam waktu pencairan.

6. Dicairkan dengan air panas
Selain dengan air dingin, kita juga bisa mencairkan es daging beku dengan air panas. Caranya sangat mudah, rendam daging dalam semangkuk air panas bersamaan dengan kemasaannya.

Demikian itu cara mencairkan daging beku dari freezer. Semoga bermanfaat.