Soal Jalan Rusak, Istana Respons 100 Ribu Aduan Warga ke Jokowi

Headline, Nasional257 views

Inionline.id – Sekitar 100 ribu aduan warga tentang jalan rusak di Instagram Presiden Joko Widodo direspon Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Bey mengatakan aduan itu akan menjadi pegangan Jokowi dalam memantau pembangunan jalan di berbagai daerah.

“Justru dengan adanya pengaduan masyarakat/warganet di akun media sosial Presiden Jokowi, dapat dilakukan crosscheck antara data dari Kementerian PUPR dengan data yang disampaikan warganet sehingga akan lebih tepat sasaran,” kata Bey melalui keterangan tertulis, Senin (15/5).

Bey menyampaikan Kementerian PUPR mendata ruas jalan yang rusak di berbagai daerah. Mereka juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk perbaikan jalan.

Menurut Bey, anggaran untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia pada tahun anggaran 2023/2024 sebesar Rp32,7 triliun. Anggaran itu juga telah dituangkan ke dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Jalan Daerah.

“Secara bertahap perbaikan akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi meninjau jalan rusak di Lampung setelah viral di media sosial. Ia menjajal sejumlah ruas jalan menggunakan mobil kepresidenan.

Setelah kegiatan itu, ia membuka ruang aduan untuk warga. Jokowi mempersilakan warga untuk melaporkan jalan rusak melalui akun Instagram miliknya.

Hingga hari ini, sudah ada lebih dari seratus ribu komentar. Mayoritas berisi keluhan masyarakat tentang jalan rusak di wilayah tempat tinggal masing-masing.