Rudy Susmanto Mendukung Penuh Gelaran KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rudy Susmanto mendukung penuh gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Dia menginginkan, gelaran KKT ASEAN 2023 itu, menjadi momentum kembalinya julukan Macan Asia yang sempat melekat pada negara Indonesia.

“Indonesia pernah mendapat julukan sebagai macan Asia yang sangat disegani oleh negara lain. Itu semua bukan tanpa dasar, kekuatan Indonesia sangat diperhitungkan di dunia Internasional mulai dari ekonomi, sumber daya alam, kekuatan tempur dan pertahanan,” Kata Rudy Susmanto, Rabu 10 Mei 2023.

KKT ASEAN 2023 yang bertemakan  Asians Matters Epicentrum of Growth itu, sambung dia, diharapkan menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia untuk kembali merebut julukan  Macan Asia itu dan mendorong kebangkitan ASEAN di kancah dunia.

“Penting bagi Indonesia selaku pemegang keketuaan dan Chairmanship ASEAN 2023 untuk mendorong kebangkitan ASEAN di kancah global melalui pemulihan ekonomi pasca pandemi dan penyelesaian ketegangan Geopolitik di kawasan indo-fasifik yang menjadi fokus isu,” papar Rudy Susmanto.

Dalam konferensi tersebut, Indonesia mampu mewujudkan kemampuannya sebagai forum untuk menyelesaikan isu regional.

“Saya yakin bisa karena sebelumnya Indonesia telah membuktikan melalui presidensi Indonesia pada G20 di Bali,” ucap Rudy Susmanto.

Politisi Partai Gerindra itu optimis, di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo, KKT ASEAN 2023 akan sukses membawa ASEAN tumbuh secara pesat.

“ASEAN akan terus bertumbuh dan berkontribusi besar bagi kawasan serta dunia. Kepemimpinan Indonesia membuktikan semangat kebersamaan dalam menyelesaikan tantangan global, mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai macan Asia,” beber Rudy Susmanto.

Menurut dia, kembalinya julukan Macan Asia merupakan salah satu tujuan utama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar Indonesia kembali disegani dunia.

“Ini adalah nadi dan nafas perjuangan Prabowo Subianto sebagai kesatria pengawal Macan Asia. Optimisme presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto perlu didukung penuh oleh masyarakat Indonesia agar Indonesia menjadi negara yang disegani bangsa lain,” tegas Rudy Susmanto.