Kemenag: Besok 7.510 Jemaah Haji Mulai Berangkat

Berita057 views

Inionline.id – Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin mengatakan sebanyak 7.510 jemaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Arab Saudi besok, Rabu (24/5).

“Total ada 7.510 jemaah yang akan berangkat pada 24 Mei 2023,” kata Fauzin dalam keterangannya, Selasa (23/5).

Fauzin menjelaskan calon jemaah haji yang berangkat esok terbagi dalam 19 kelompok terbang. Kelompok terbang itu berasal embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG), embarkasi Solo (SOC), embarkasi Makassar (UPG), dan embarkasi Aceh (BTJ).

Kemudian, embarkasi Medan (KNO), embarkasi Batam (BTH), embarkasi Surabaya (SUB), dan embarkasi Jakarta Bekasi (JKS).

Fauzin menjelaskan seluruh jemaah haji transit terlebih dahulu di asrama haji sebelum berangkat. Kemudian, jemaah akan menjalani cek kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, visa dan tiket pesawat.

“Serta pemberian living cost. Untuk tahun ini, jemaah memperoleh living cost senilai 750 Riyal,” kata dia.

Ia mengimbau seluruh jemaah haji selalu menjaga kesehatan dengan istirahat cukup. Terlebih, suhu di Madinah saat ini mencapai 41 derajat celcius.

Ia menjelaskan pada tahun ini, pemerintah mengusung tema “Haji Ramah Lansia” karena tak ada batasan usia bagi jemaah haji.

“Pemerintah menurunkan lebih dari empat ribu personil Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk melayani 229 ribu jemaah,” kata dia.

Pada 2023, Indonesia awalnya mendapatkan 221.000 kuota jemaah haji. Jumlah itu terdiri atas 203.320 jemaah reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Kemudian, pemerintah Arab Saudi mengumumkan Indonesia kembali mendapatkan tambahan kuota sebesar 8 ribu jemaah. Sebanyak 8 ribu kuota tambahan ini terdiri dari 7.360 jemaah haji reguler dan 640 jemaah haji khusus.