Kang Ecky dorong kader kokohkan 4 Pilar Kebangsaan

Politik357 views

Inionline.id – Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H. Ecky Awal Mucharam menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan, beberapa waktu yang lalu di Aula DPD PKS Kota Bogor. Dalam pemaparannya, kang Ecky menjelaskan bahwa PKS akan selalu konsisten dalam mengimplementasikan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Acara yang dihadiri oleh kader dan anggota serta pengurus PKS dari berbagai wilayah di Kota Bogor ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan laporan ketua panitia penyelenggara. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menguatkan para kader dan anggota dalam mengamalkan empat pilar kebangsaan sebagai falsafah Negara Indonesia.

“Sesuai UU No. 17 Tahun 2014, setiap anggota MPR memiliki tugas menyosialisasikan dan memasyarakatkan Empat Pilar MPR RI. Pilar artinya tiang yang menopang sebuah bangunan. Bangsa kita akan utuh dan kuat bila pilarnya kuat. Sebagaimana sebuah bangunan, akan kukuh bila tiangnya kukuh, demikian juga sebaliknya,” Ucap Kang Ecky.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami dan menjadi karakter serta jati diri seluruh masyarakat, menjadi panduan dalam kehidupan bernegara untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, serta bermartabat.

Melalui pengamalan nilai-nilai Empat Pilar, diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa. Agar semakin mencintai dan bersemangat untuk membangun negeri serta mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa. Empat Pilar ini menjadi panduan yang efektif dan nyata bila semua elemen bangsa, para penyelenggara negara, dan masyarakat konsisten mengamalkannya dalam arti seluas-luasnya.

Melihat begitu hebatnya dampak pengamalan Empat Pilar kebangsaan terhadap berbangsa dan bernegara, Kang Ecky mengajak seluruh peserta untuk ikut berpartisipasi, bukan hanya menjadi peserta saja, tapi juga dapat memberikan ide-ide, gagasan-gagasan segar untuk meningkatkan kualitas metode penyampaian sosialisasi agar lebih mudah diterima dan diterapkan oleh semua kalangan masyarakat.

Di akhir acara, Kang Ecky berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara harus selalu dijaga, dipahami, dihayati, serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.