Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak Parah di Jambi, Usai Lampung

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Presiden Jokowi mengambil alih perbaikan jalan rusak di Jambi. Hal itu dilakukannya tak lama setelah mengambil alih perbaikan jalan rusak parah di Lampung.

Pengambilalihan dilakukan Jokowi usai meninjau sejumlah jalan rusak di Jalan Ruas Kota Jambi-Sungai Gelam hari ini. Ia merinci Jambi punya 10 ribu km jalan kabupaten/kota.

Dari jumlah itu, sekitar 4.600 km atau hampir separuhnya rusak. Lalu, ada jalan provinsi sepanjang 1.030 km dengan seperempatnya alias 250 km rusak. Sedangkan jalan nasional di Jambi ada 1.300 km dengan kerusakan terjadi pada 130 km ruas jalan.

“Yang kita cek tadi jalan produksi untuk nanas ke sana, benar, rusak. Itu masuk akan kita mulai (perbaikan) Juli-Agustus. Yang tadi jalan kabupaten, ini jalan provinsi juga akan diambil alih oleh pusat dan segera dikerjakan,” katanya di Jambi, Selasa (16/5).

“Karena kalau tidak, yang namanya jalan logistik itu sangat penting sekali, jalan produksi itu sangat penting sekali, itu yang didahulukan. Apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan,” sambung Jokowi.

Jokowi menegaskan jalan yang dikunjunginya di Jambi termasuk ke dalam kategori rusak parah. Hal tersebut diperkuat dengan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ia juga mengklaim mengantongi data kerusakan sejumlah ruas jalan tersebut, di mana salah satu sumbernya adalah aduan masyarakat. Jokowi menegaskan dirinya turut mengonfirmasi data serta aduan tersebut kepada gubernur hingga bupati atau wali kota setempat.

“Yang paling penting langkah perbaikan harus secepatnya dilakukan. Yang rusak ini banyak, yang dikerjakan daerah dikerjakan pusat tetap belum selesai,” curhat Jokowi.

“Ini harusnya dikerjakan daerah semua, provinsi sendiri, kabupaten sendiri. Tapi karena jalan di seluruh tanah air yang bagiannya kabupaten/kota dan provinsi, tadi kan saya sampaikan separuhnya, dikerjakan bareng-bareng belum tentu selesai. Mungkin ini dalam waktu 2-3 tahun akan kita kejar, secepatnya,” tutupnya.

Sebelum Jambi, Jokowi menyambangi jalan rusak yang viral di Lampung. Hal itu dilakukan setelah adanya kritikan konten kreator asal Kabupaten Lampung Timur bernama Bima Yudho Saputro yang menyebut Lampung tak kunjung maju karena banyak jalan rusak.

Usai meninjau jalan-jalan rusak di Lampung tersebut, Jokowi mengumumkan perbaikan akan diambil alih pemerintah pusat dan dikebut pada Juni 2023 mendatang. Kepala Negara RI itu langsung memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menggarap perbaikan jalan tersebut.

“Tahun ini, pemerintah pusat khususnya untuk Lampung akan mengucurkan dana Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan rusak, termasuk ruas Jalan Seputih Raman-Rumbia, Lampung Tengah,” kata Jokowi saat meninjau jalan rusak di Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (5/5).